alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Berharap Pelabuhan Dumai Kembali Dihidupkan, Ribuan Pengangguran Bisa Bekerja

Tasmalinda Sabtu, 12 Juni 2021 | 13:35 WIB

Berharap Pelabuhan Dumai Kembali Dihidupkan, Ribuan Pengangguran Bisa Bekerja
Ilustrasi Pelabuhan [suara.com/Agung Sandy Lesmana] Berharap Pelabuhan Dumai Kembali Dihidupkan, Ribuan Pengangguran Bisa Bekerja

Gubernur Riau berharap pelabuhan Dumai kembali dioperasionalkan.

SuaraRiau.id - Pelabuhan Dumai tidak lagi berfungsi sebagai pelabuhan impor sembako akibatnya sekitar 5.000 pekerja menganggur. Kondisi ini lah yang disampaikan Gubernur Riau Syamsuar saat bertemu Wakil Menteri atau Wamen Perdagangan Jerry Sambuaga Jumat (11/6/2021) kemarin.

Dikatakan Syamsuar, jika dahulu pelabuhan Dumai berfungsi sebagai pelabuuhan impor sembako. Sejak tidak lagi difungsikan ribuan pekerja menjadi pengangguran.

Saat impor sembako untuk Riau harus melalui Pelabuhan Belawan, maka akan menghasilkan biaya yang lebih tinggi karena jarak yang jauh.

Kondisi ini mengakibatkan harga komiditas menjadi tinggi. 

Baca Juga: Update Covid-19 di Riau: 384 Positif, 12 Pasien Meninggal dan 450 Sembuh

"Kalau bisa lewat Pelabuhan Dumai tentu lebih murah dan ribuan pekerja bisa kembali bekerja seperti dulu," ungkapnya.

Menanggapi hal ini, Wakil Menteri (Wamen) Perdagangan Jerry Sambuaga memberikan respon yang  baik dengan akan mempelajari pelakuhan Dumai kembali menjadi pelabuhan impor sembako.

"Kita akan pelajari semua Pak Gubernur. Termasuk soal Pelabuhan Dumai itu. Jika memang bisa (untuk impor sembako) kenapa tidak," tegas Jerry.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait