facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Momen The Netherland Cadastre Cek Langsung Proses PTSL di Muara Kelantan Siak

Eko Faizin Kamis, 30 Juni 2022 | 20:10 WIB

Momen The Netherland Cadastre Cek Langsung Proses PTSL di Muara Kelantan Siak
Duta The Netherland Cadastre, Senior Advisor The Netherland Cadastre, Rohan Bennett dan Eva-Maria Unger didampingi Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (Kakan BPN) Siak Budi Satrya saat penyerahan PTSL di Kampung Muara Kelantan, Kecamatan Mandau, Siak. [Suara.com/Alfat Handri]

Diketahui Duta dari Netherland Cadastrwle, Senior Advisor The Netherland Cadastre hanya mengunjungi empat kota se Indonesia termasuk di Siak.

SuaraRiau.id - Duta The Netherland Cadastrwle, Senior Advisor The Netherland Cadastre, Rohan Bennet dan Eva Maria Unger kunjungi kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Siak.

Kunjungan tersebut membuat Kepala Kantor BPN Siak, Budi Satrya bangga. Pasalnya, dari 514 kantor BPN kota se Indonesia, BPN Siak menjadi salah satu yang dikunjungi dan langsung terjun ke lapangan.

Diketahui Duta dari Netherland Cadastrwle, Senior Advisor The Netherland Cadastre hanya mengunjungi empat kota se Indonesia termasuk di Siak.

"Mereka melihat gedung BPN Siak, pelayanannya, aktivitas kerja Kantor dan mereka mengakui, meski sebagian masih manual, terutama arsip, namun sudah cukup baik," kata Kakan BPN Siak, Budi Satrya kepada Suara.com.

Keduanya diutus Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Survei Pemetaan Pertanahan dan Ruang (SPPR).

Kedatangan mereka melihat secara langsung bagaimana proses pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) yang dilakukan BPN Siak dengan turun ke lapangan dan itu hanya mereka lakukan di Kabupaten Siak saja.

“Jadi mereka langsung kami bawa turun ke Kampung Muara Kelantan, Kecamatan Sungai Mandau untuk melihat langsung bagaimana PTSL itu dinikmati masyarakat,” jelas Budi Satrya dengan bangga.

Lebih lanjut dikatakan Budi Satrya, bahwa kerja sama Kementerian ATR/BPN dengan The Netherland Cadastre dapat menjadi upaya bersama dalam mencari solusi dan rekomendasi atas kendala-kendala yang dapat terjadi dalam jalannya program PTSL, agar menjadi catatan perbaikan ke depannya.

Seperti di Muara Kelantan, kata Budi, target PTSL sebanyak 1.000 bidang dan sudah dilakukan pengukuran data fisik oleh petugas dari Kantor Pertanahan Kabupaten Siak dan pengukuran data yuridis dari para Puldatan.

“Bahkan tahun ini kami sudah menyerahkan lima bidang secara simbolis,” jelas Budi Satrya.

Komentar

Berita Terkait