facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Puluhan Calon Jamaah Haji Riau Gagal Berangkat, Kemenag Ungkap Alasannya

Eko Faizin Selasa, 24 Mei 2022 | 14:45 WIB

Puluhan Calon Jamaah Haji Riau Gagal Berangkat, Kemenag Ungkap Alasannya
Para jamaah haji tampak mengeliling Kabah, ini adalah tahun kedua ibadah haji di masa pandemi. (Foto: AFP)

Ke-40 calon jamaah haji yang gagal berangkat itu berasal dari berbagai daerah di Riau.

SuaraRiau.id - Sebanyak 40 dari 2.304 calon jamaah haji Riau yang dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada tahun ini batal berangkat, karena tidak mengkonfirmasi pelunasan biaya perjalanan hajinya.

Petugas Subkoordinator pendaftaran dan dokumen haji reguler Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Riau, Hari Kurniawan mengatakan pihaknya sebelumnya telah memberikan kesempatan konfirmasi pelunasan kepada calon jamaah haji pada 9-20 Mei 2022.

Ke-40 calon jamaah haji yang gagal berangkat itu berasal dari berbagai daerah di Riau. Mereka tak mengkonfirmasi pelunasan dengan berbagai alasan, antara lain kondisi kesehatan yang tak memungkinkan, terpisahnya dengan mahrom yang telah melebihi umur dan lain sebagainya.

"Hingga batas waktu yang telah ditentukan, 40 calon jamaah tidak melakukan konfirmasi pelunasan. Jadi, untuk penggantinya kita ambil dari nomor urut porsi yang terkecil," ucapnya dikutip dari Antara, Selasa (24/5/2022).

Untuk memenuhi kuota yang kosong karena jamaah haji yang tak mengkonfirmasi pelunasan, akan diisi oleh cadangan yang telah dipersiapkan Kemenag Riau.

"Cadangan yang tercatat saat ini sekitar 500 calon jamaah. Mereka dapat mengisi kekosongan jamaah yang batal berangkat," ucapnya.

Untuk jadwal keberangkatan, Hari menyebutkan pihaknya masih menunggu keputusan dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, sesuai penyusunan kloter dan pembagian kelompok terbang.

"Insya Allah dalam waktu dekat akan kami publikasikan jumlah total yang akan berangkat," katanya. (Antara)

Komentar

Berita Terkait