facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Rencana Pembangunan Flyover Garuda Sakti, Pemprov Diminta Libatkan Pemkot soal Pembebasan Lahan

Eko Faizin Selasa, 24 Mei 2022 | 07:02 WIB

Rencana Pembangunan Flyover Garuda Sakti, Pemprov Diminta Libatkan Pemkot soal Pembebasan Lahan
Ilustrasi jalan layang atau flyover. [Unsplash/Alexey Turenkov]

Disarankannya agar Pemprov Riau terlebih dahulu berkoordinasi dengan Pemkot Pekanbaru terkait pembebasan lahan.

SuaraRiau.id - Pemprov Riau merencanakan membangun jembatan layang atau flyover yang berlokasi di Jalan Garuda Sakti, Kota Pekanbaru dengan menggunakan dana APBN.

Sekretaris Komisi IV DPRD Riau Sugeng Pranoto mendukung rencana pembangunan flyover Garuda Sakti sebagai solusi jangka panjang guna mengurai kemacetan lalu lintas yang sering terjadi di perempatan jalan tersebut.

Diketahui, usulan pembangunan jalan ruas nasional ini sudah diajukan oleh Pemprov Riau menggunakan APBN kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR).

"Kita sambut baik dan sangat mendukung pembangunan flyover ini. Apalagi di titik ruas jalan tersebut memang terpantau sering terjadi kemacetan, banyak masyarakat yang mengeluhkan soal kemacetan itu, memang pembangunan flyover menjadi solusi yang tepat," kata Sugeng Pranoto kepada Antara, Senin (24/5/2022).

Sugeng mengatakan, sebelum membahas lebih lanjut soal pembangunan flyover ini. Disarankannya agar Pemprov Riau terlebih dahulu berkoordinasi dengan Pemkot Pekanbaru terkait pembebasan lahan. Karena bagaimanapun flyover ini berada di Kota Pekanbaru, maka Pemkot Pekanbaru mesti dilibatkan.

"Kita ingatkan. Jangan sampai tidak melibatkan Pemkot, walaupun memang ini usulan Pemprov Riau dan dibangunnya dengan APBN. Tapi kan masih ada proses pembebasan lahan yang harusnya melibatkan Pemkot. Teknisnya diaturlah bagaimana, apakah nanti untuk pembebasan lahan menggunakan sharing budget antara Pemprov dan Pemkot atau seperti apa," kata politisi PDI Perjuangan itu.

Sugeng mengaku akan bertanya langsung kepada Dinas PUPR Riau yang juga merupakan mitra Komisi IV DPRD Riau. Pihaknya siap mengawal agar pembangunan mega proyek ini dapat terealisasi dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Tadi belum sempat kita bahas, tapi saya akan usulkan untuk dijadwalkan hearing kembali dengan PUPR Riau membahas flyover ini," kata dia.

Sebagai informasi, Pemprov Riau telah mengusulkan pembangunan flyover Garuda Sakti, ke pemerintah pusat.

Untuk solusi jangka pendek, pemerintah belum lama ini memasang traffic light. Tampak arus lalu lintas terpantau tertib di persimpangan tersebut. (Antara)

Komentar

Berita Terkait