alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Makanan Khas Pekanbaru Terenak, Asam Pedas Ikan Baung hingga Lempok Durian

Dythia Novianty Rabu, 13 Oktober 2021 | 09:27 WIB

5 Makanan Khas Pekanbaru Terenak, Asam Pedas Ikan Baung hingga Lempok Durian
Bolu Kemojo. [Resepkuerenyah]

Berkunjung ke Provinsi Riau, terutama Kota Pekanbaru, tak lengkap rasanya ketika tidak mencicipi sederet makanan khas Pekanbaru.

SuaraRiau.id - Berkunjung ke Provinsi Riau, terutama Kota Pekanbaru, tak lengkap rasanya ketika tidak mencicipi sederet makanan khas Pekanbaru. Makanan dengan sentuhan resep khas Melayu sangat menggugah selera. Sebut saja Asam Pedas Ikan Baung hingga Lempok Durian.

Kota dengan luas 632,26 kilometer ini memiliki sejumlah makanan khas yang hanya ada di Pekanbaru. Jika ada jenis yang sama di kota atau provinsi lain, cita rasanya pasti berbeda dengan olahan Pekanbaru yang khas dengan bumbu rempah.

Makanan khas Pekanbaru ini umumnya diolah berdasarkan resep yang turun temurun. Dengan sentuhan tangan-tangan terampil, masyarakat Pekanbaru, termasuk para pendatang, akan ketagihan.

Berikut ini makanan khas Pekanbaru, yang terdiri dari makanan ringan dan makanan berat. Ada tujuh makanan yang menjadi alternatif ketika berkunjung ke Pekanbaru.

Baca Juga: 8 Kafe Pekanbaru Terkini 2021: Ada Garasi 99, Memo Cafe, Krema Koffie hingga Sanobar

1. Asam Pedas Ikan Baung

Olahan ikan baung tak hanya ada di Riau. Di Kalimantan pun ikan baung diolah menjadi berbagai macam kuliner lezat. Namun, asam pedas ikan baung khas Pekanbaru memiliki rasa yang berbeda.

Asam Pedas Ikan Baung. [Lestariweb]
Asam Pedas Ikan Baung. [Lestariweb]

Asam Pedas Ikan Baung menjadi menu yang digemari wisatawan yang datang ke Pekanbaru. Ikan air tawar yang banyak ditemukan di Sungai Kampar, Sungai Siak, Sungai Rokan dan Sungai Indragiri ini sungguh menggugah selera.

Pondok Asam Pedas Baung dan Rumah Makan Khas Melayu menjadi dua tempat yang banyak direkomendasikan untuk menyantap asam pedas Ikan Baung khas Pekanbaru.

2. Mieso

Baca Juga: 7 Rumah Makan Kuliner Pekanbaru Terpopuler, Gulai Ikan Baung hingga Sop Tunjang

Mieso merupakan makanan khas Pekanbaru yang memadukan mie kuning, mie putih, suwiran daging ayam, tahu kering dan kerupuk merah. Makanan ini termasuk yang paling dicari wisatawan ketika datang ke Pekanbaru.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait