alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Makanan Tradisional Riau, Ada yang Disukai Para Raja Indragiri Hulu

Pebriansyah Ariefana Rabu, 13 Oktober 2021 | 07:15 WIB

5 Makanan Tradisional Riau, Ada yang Disukai Para Raja Indragiri Hulu
Makanan tradisional Riau (instagram)

Bolu Berendam dan Kue Asidah merupakan dua makanan tradisional yang masih digemari.

SuaraRiau.id - Riau merupakan provinsi yang kaya akan kuliner sejak zaman dahulu. D itengah akulturasi yang terjadi dari tahun ke tahun, makanan tradisional Riau bisa terus eksis hingga kini.

Makanan tradisional Riau tak bisa dilepaskan dari kerajaan atau kasultanan yang pernah ada di Riau. Bolu Berendam dan Kue Asidah merupakan dua makanan tradisional yang masih digemari.

Konon, dua kue itu dulunya hanya diperuntukkan bagi keluarga kerajaan atau kasultanan di Riau. Seiring berjalannya waktu, dua makanan tradisional Riau ini bisa dicicipi semua kalangan.

Selain Bolu Berendam dan Kue Asidah, masih ada enam makanan tradisional Riau yang layak untuk dicoba. Proses dari pembuatan makanan-makanan ini juga masih menggunakan peralatan tradisional.

Baca Juga: Innalillahi, Tokoh Riau Datuk Seri Al Azhar Meninggal Dunia

Berikut 5 makanan tradisional Riau:

1. Bolu Berendam

Bolu Berendam (instagram)
Bolu Berendam (instagram)

Bolu Berendam merupakan makanan tradisional Riau yang dulunya digemari para Raja Indragiri Hulu. Tak sembarangan orang bisa membuat makanan ini karena prosesnya yang panjang dan butuh kesabaran tinggi.

Bolu Berendam berbahan dasar tepung, telur, cengkih dan gula. Bolu ini disebut Bolu Berendam karena prosesnya terlebih dahulu direbus sebelum disajikan dalam keadaan basah.

Makanan ini masih eksis hingga sekarang, terutama di Kabupaten Rengat dan Kabupaten Indragiri Hulu. Masyarakat Riau kerap menyajikan Bolu Berendam ketika hari besar keagamaan.

Baca Juga: Duel Menegangkan Derbi Melayu, PSPS Riau Tekuk Tiga Naga Pekanbaru 3-1

2. Kue Asidah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait