alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Permudah Bayar Pajak, Samsat Drive Thru Bakal Ada di 3 Wilayah Riau Ini

Eko Faizin Kamis, 16 September 2021 | 07:10 WIB

Permudah Bayar Pajak, Samsat Drive Thru Bakal Ada di 3 Wilayah Riau Ini
Samsat Drive Thru di Riau. {Dok mediacenter.riau.go.id]

Pembangunan sarana drive thru tersebut dalam rangka mempermudah wajib pajak membayaran pajak tahunan.

SuaraRiau.id - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau akan membangun Samsat Drive Thru di Pelalawan, Rokan Hilir dan Indragiri Hilir.

Langkah tersebut sebagai meningkatkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak kendaraan bermotor, dan permudah masyarakat membayar pajak.

Nantinya, pembangunan fasilitas pembayaran pajak drive thru itu akan dialokasikan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2021.

Kepala Bapenda Riau, Herman mengungkapkan bahwa pembangunan sarana drive thru tersebut dalam rangka mempermudah wajib pajak membayaran pajak tahunan.

"Kalau tidak ada kendala di anggaran perubahan kita bangun drive thru di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan dan di Ujung Tanjung, Kabupaten Rokan Hilir," ujar Herman, Rabu (15/9/2021).

Ia juga menyampaikan bahwa untuk pembangunan drive thru di Pangkalan Kerinci, pihaknya telah koordinasi dengan pemerintah setempat, dan Bupati Pelalawan siap menyediakan lahan untuk samsat drive thru.

Sedangkan untuk samsat drive thru di Ujung Tanjung, saat ini sudah jalan. Hanya saja fasilitasnya masih sederhana. Karena itu tahun ini akan dibangun secara permanen.

"Drive Thru di Tembilahan juga sudah kominikasi dengan pemerintah setempat, mereka mengusulkan letaknya di terminal. Memang lokasi bagus memiliki parkiran luas, tapi di sana malam agak sunyi. Makanya lokasinya masih kita pertimbangkan karena ini menyangkut keamanan alat kita," ujar Herman.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa di masa pandemi Covid-19 sekarang ini layanan samsat drive thru dinilai efektif untuk memaksimalkan pelayanan pajak.

Hal itu terbukti adanya Samsat Drive Thru Simpang Tiga, tepatnya di depan kantor Bapenda Riau.

"Sejak kita resmikan 9 Agustus lalu, antusias masyarakat membayar pajak melalui drive thru cukup tinggi. Selama sebulan beroperasi, sudah Rp1 miliar lebih wajib pajak bayar pajak tahuban lewat Samsat Drive Thru Simpang Tiga," bebernya.

Menurut Herman, pihaknya akan mengupayakan setiap kabupaten/kota di Riau tminimal ada satu Samsat Drive Thru yang dibangun, seperti di Bangkinang, Kabupaten Kampar dan Duri, Kabupaten Bengkalis serta kabupaten/kota lainnya.

"Karena pak Gubernur berharap kalau bisa setiap kabupaten/kota ada Samsat Drive Thru. Sehingga ini bisa menjadi ikon kita memberi kemudahan kepada masyarakat membayar pajak tahunan," tegas dia.

Komentar

Berita Terkait