alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Karhutla Riau: Tim Diterjunkan ke 5 Daerah Rawan, BPBD Sebut Terkendali

Eko Faizin Kamis, 25 Februari 2021 | 12:04 WIB

Karhutla Riau: Tim Diterjunkan ke 5 Daerah Rawan, BPBD Sebut Terkendali
Petugas TNI dan Polri saat memadamkan karhutla di wilayah Kabupaten Bengkalis, Riau. [Suara.com/Panji Ahmad Syuhada]

Ada beberapa titik kebakaran lahan yang hingga saat ini apinya masih dalam proses pemadaman oleh petugas gabungan.

SuaraRiau.id - Petugas gabungan saat ini sedang berjibaku melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah wilayah di Riau.

Ada beberapa titik kebakaran lahan yang hingga saat ini apinya masih dalam proses pemadaman oleh petugas gabungan.

Di antaranya ada di desa Kempas, Kecamatan Pekan Tua, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Kemudian di Kuala Cenaku dan Kuala Maya, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Kemudian di Rupat, Bukit Batu Tanjung Uban, Kabupaten Bengkalis. Sedangkan di Kabupaten Siak kebakaran lahan juga terjadi di daerah Bunsur dan Mengkapan.

Kemudian kebakaran lahan juga terjadi di Mundam Kota Dumai, kemudian di Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan di kota Dumai.

"Di Lubuk gaung ini pernah kebakaran hebat di tahun 2019 lalu, ini terulang lagi dan sekarang petugas sedang bekerja keras untuk melakukan proses pemadaman, sore nanti kita akan kembali melakukan rapat evaluasi, kalau memang dibutuhkan tambahan kekuatan kita akan tambah regu ke sana," kata Koordinator Wilayah Manggala Agni Provinsi Riau, Edwin Putra, Kamis (25/2/2021).

Edwin mengungkapkan, cuaca panas yang saat ini terjadi di Riau membuat kebakaran lahan dengan cepat meluas. Petugas harus berjibaku memadamkan api agar api tidak terus menjalar.

"Ada beberapa daerah yang sudah lima sampai seminggu ini tidak hujan, jadi lahannya kering, sehingga api tidak hanya terlihat diatas, tapi sudah masuk kebawah gambut, baranya terus menjalar, ini yang butuh waktu untuk proses pemadamannya," ujarnya.

Karhutla terkendali
Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Edwar Sanger melaporkan situasi terkini terkait penanganan karhutla Riau.

Dia menyebut bahwa api di setiap daerah yang terpantau terjadi karhutla, sudah bisa dikendalikan dan kini dalam proses pendinginan.

Komentar

Berita Terkait