facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gus Miftah Kena Semprot PBNU soal Heboh Wayang Mirip Khalid Basalamah: Nggak Bijak!

Eko Faizin Selasa, 22 Februari 2022 | 14:18 WIB

Gus Miftah Kena Semprot PBNU soal Heboh Wayang Mirip Khalid Basalamah: Nggak Bijak!
Gus Miftah.

Ia menyebut cara Gus Miftah dalam menanggapi isu wayang yang sedang ramai dibahas sebagai tidak bijaksana.

SuaraRiau.id - Gus Miftah menggelar pagelaran wayang di pondok pesantren miliknya beberapa hari lalu. Namun, dalam pertunjukan tersebut ada karakter tokoh wayang mirip Ustaz Khalid Basalamah.

Dalam cerita wayang yang beredar di media sosial, karakter mirip Ustaz Khalid Basalamah seolah diolok-olok. Banyak publik menyayangkan hal tersebut dilakukan dalang di tempat Gus Miftah.

Wakil Sekretaris LBM PBNU KH Mahbub Maafi ikut buka suara menanggapi kejadian itu. Ia menyebut cara Gus Miftah dalam menanggapi isu wayang yang sedang ramai dibahas sebagai tidak bijaksana.

Tangkapan layar pagelaran wayang di ponpes Gus Miftah (Twitter/@pgmoraaji)
Tangkapan layar pagelaran wayang di ponpes Gus Miftah (Twitter/@pgmoraaji)

Kyai Mahbub menilai membuat wayang yang mirip dengan Ustadz Khalid Basalamah dan membuat pertunjukan wayangnya sebagai hal yang berlebihan.

"Jangan dibikin nyinyir, dijawab dengan jawaban satir. Nggak bijak menurut saya, orang itu perlu bijaksana, tapi perlu juga bijak sini. Bijak sana-nya sudah, Ustadz Khalid sudah minta maaf. Bijak sini-nya, nggak usahlah kita bikin yang heboh-heboh seperti ini," ujar Kyai Mahbub dikutip dari Wartaekonomi.co.id--jaringan Suara.com, Senin (21/2/2022).

Tokoh NU itu juga mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki banyak persoalan yang lebih utama dibahas dan dicarikan solusinya.

"Nggak usah berpolemik soal wayang ini, toh Ustadz Khalid Basalamah sudah meminta maaf, sudah menyadari terkait pendapatnya soal wayang," ujar Kiai Mahbub.

Lebih lanjut, dia mengatakan perbedaan pendapat merupakan keniscayaan yang perlu ditanggapi dengan cara yang bijak.

Seseorang tidak bisa memaksakan pendapatnya kepada orang lain, apalagi membalasnya dengan olokan.

Kiai Mahbub mengaku sebenarnya tidak sependapat dengan Ustadz Khalid terkait hukum wayang. Namun, perdebatan soal wayang ini memang sudah ada sejak lama yang tidak perlu dibesar-besarkan.

Komentar

Berita Terkait