facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tak Tahu Arab Melayu, Publik Hujat Kantor Gubernur Riau Pakai Tulisan Arab

Eko Faizin Kamis, 06 Januari 2022 | 09:47 WIB

Tak Tahu Arab Melayu, Publik Hujat Kantor Gubernur Riau Pakai Tulisan Arab
Kantor Gubernur Riau. [Ist/mediacenterriau]

Bahkan aksara Arab Melayu menuai perdebatan pro dan kontra terkait tulisan itu sempat menjadi trending populer di Indonesia.

SuaraRiau.id - Media sosial sedang diramaikan dengan postingan papan nama Kantor Gubernur Riau ada kalimat yang ditulis menggunakan penulisan Arab. 

Cuitan di Twitter itu berawal dari unggahan salah satu warganet yang menuding jika melalui tulisan Arab di Kantor Gubernur Riau itu berarti telah dijajah oleh bangsa Arab.

Bahkan aksara Arab Melayu menuai perdebatan pro dan kontra terkait tulisan itu sempat menjadi trending populer di Indonesia. 

Kantor Gubernur Riau beralamat di Jalan Jendral Sudirman No. 460, Jadirejo, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru. Di bagian depan kantor itu tertulis "Kantor Gubernur Riau, Jl. Jend. Sudirman No. 460 Pekan Baru". 

Kemudian di bawahnya terdapat tulisan atau aksara Arab tanpa harakat. Ketika dibaca, tulisan arab itu berbunyi sama dengan tulisan latin di atasanya, yakni "Kantor Gubernur Riau, Jl Jend Sudirman No 460 Pekan Baru".

Akun twitter @hayuningrat7 mengunggah foto papan nama kantor Gubernur Riau dengan caption "Masih ga ngaku kita di jajah arab !!! Hapus ganti bhs indonesia yang benar."

Postingan yang diunggah pada Rabu (5/1/2022) pukul 21.47 WIB itu hingga Kamis, 6 Januari 2022 pukul 08.20 WIB telah mendapatkan sebanyak 141 like, 83 retwett dan 58 komentar. 

Menanggapi postingan itu, netizen saling berdebat. Ada yang mendukung penuh pernyataan itu. Namun ada pula yang menyanggahnya karena hal itu merupakan bagian dari kebudayaan Melayu. 

Postingan tersebut lalu diserbu tanggapan yang setuju dengan hal tersebut.

"Iya bener, gila ya? Ini kan KTR GUB., bukan Airport yang memang butuh papan petunjuk multi bahasa! Malu2in!" tulis @widyanataT

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar

Berita Terkait