alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Waduh! PPKM Pekanbaru Terancam Naik Status Menjadi Level 3

Eko Faizin Jum'at, 05 November 2021 | 07:35 WIB

Waduh! PPKM Pekanbaru Terancam Naik Status Menjadi Level 3
Penyekatan jalan tetap dilakukan meski Pekanbaru sudah menerapkan PPKM Level 3. [Defri/Riauonline]

Pemkot Pekanbaru mesti menggesa vaksinasi lansia mencapai 40 persen hingga PPKM Level 2 tahap III berakhir.

SuaraRiau.id - PPKM Pekanbaru saat ini masih berstatus level 2. Namun apabila tidak menuntaskan vaksinasi bagi masyarakat dan lansia, bisa jadi naik ke PPKM Level 3.

Pemkot Pekanbaru mesti menggesa vaksinasi lansia mencapai 40 persen hingga PPKM Level 2 tahap III berakhir pada pekan depan lantaran vaksinasi bagi lansia sudah 39,1 persen.

"Kita terancam naik level, kalau seandainya belum menuntaskan vaksinasi bagi lansia," ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru, Arnaldo Eka Putra dikutip dari Riauonline.co.id--jaringan Suara.com, Kamis (4/11/2021).

Menurutnya, total ada 70.384 orang lansia di Kota Pekanbaru yang mesti mendapat suntikan vaksin. Saat ini sekitar 34.676 orang lansia berusia 60 tahun ke atas menanti suntikan vaksin.

Arnaldo mengatakan, pemerintah kota sudah mendorong rumah sakit dan layanan kesehatan bisa melakukan percepatan vaksin lansia dengan target pemberian 40 dosis vaksin pertama bagi lansia setiap harinya. Mereka bisa melakukan percepatan hingga Jumat besok.

Pemerintah kota sudah mengeluarkan surat edaran terkait percepatan pemberian vaksin bagi lansia.

Ia menilai pemberian vaksin bagi lansia untuk melindungi lansia yang rentan terhadap penularan Covid-19.

Arnaldo mengimbau seluruh instansi pemerintah, swasta dan perbankan yang melayani penyaluran dana pensiun agar memberi edukasi dan imbauan. Mereka juga diajak untuk bisa menggelar vaksinasi massal khusus bagi lansia.

Penyelenggara bisa berkoordinasi dengan fasilitas layanan kesehatan atau puskesmas terdekat. Ia juga mengimbau seluruh organisasi keagamaan, pengurus rumah ibadah dan pemuka agama untuk mengajak para anggota atau jamaah lansia untuk vaksinasi.

Arnaldo juga mengajak seluruh masyarakat bisa mengantarkan orangtuanya ke layanan vaksinasi.

Mereka bisa datang ke layanan vaksinasi pemerintah atau puskesmas terdekat agar bisa didatangi petugas.

Komentar

Berita Terkait