alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kampus PCR Lantik 509 Mahasiswa Baru dari Berbagai Sistem Penjaringan

Eko Faizin Minggu, 19 September 2021 | 08:00 WIB

Kampus PCR Lantik 509 Mahasiswa Baru dari Berbagai Sistem Penjaringan
Kampus Politeknik Caltex Riau (PCR). [Dok PCR]

Mahasiswa baru yang dikukuhkan tersebut telah diterima dari berbagai proses seleksi.

SuaraRiau.id - Politeknik Caltex Riau (PCR) resmi melantik mahasiswa pada Sidang Terbuka Senat (STS) pada Sabtu (18/9/2021).

Pelantikan tersebut berlangsung secara daring dan offline dengan mengundang perwakilan dari mahasiswa baru pada jenjang Ahli Madya (D3), Sarjana Terapan (D4) dan Magister Terapan (S2).

Direktur PCR Dr Mohammad Yanuar Hariyawan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan mahasiswa baru atas kepercayaan kepada PCR sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Dalam momen itu, PCR mengukuhkan 509 mahasiswa baru, di antaranya 113 orang dari program Diploma III (Ahli Madya), 385 orang dari program Sarjana Sains Terapan dan 11 orang dari program studi Magister Terapan Teknik Komputer.

“Pada sidang terbuka senat ini akan dikukuhkan. Syukur Alhamdulillah kita kita haturkan kepada Allah SWT. Penghargaan setinggi-tingginya juga kami haturkan bagi Tim PMB 2021 atas kerja keras dan inovasi-inovasinya atas pencapaian pada tahun ini,” kata Yanuar.

Mahasiswa baru yang dikukuhkan tersebut telah diterima dari berbagai proses seleksi. Di antaranya dari Penjaringan Siswa Unggul Daerah (PSUD), UMPCR (Ujian Masuk PCR), Ujian Mandiri, Beasiswa Bidik Misi Provinsi Riau, Beasiswa Tahfizh, Beasiswa Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Minat Bakat, Media Sosial/Influencer, CBT Regional Dumai, CBT From Home, dan Sesi Mandiri yang difasilitasi LLDIKTI Wilayah X.

Sementara itu, Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru PCR 2021 Tianur mengungkapkan bahwa penerimaan tahun ini tercatat 3.140 pendaftar yang memiliki akun dan 2.554 pendaftar yang memilih program studi.

Dari total pendaftar tersebut, jumlah mahasiswa baru PCR pada tahun ini sebanyak 509 dengan persentase 85,72% jumlah mahasiswa dari program D3 dan D4 berasal dari Provinsi Riau.

Berbagai usaha dilakukan untuk menyakinkan para orangtua dan calon mahasiswa baru untuk melanjutkan pendidikannya di PCR pada masa pandemi serta selalu berubahnya jadwal pengumuman dari pemerintah terkait seleksi mahasiswa baru.

Usaha-usaha yang kita lakukan seperti menyelenggarakan tour kampus secara virtual, membahas tentang program studi serta menyapa para alumni yang dilakukan secara daring melalui media sosial.

Selain itu, PCR juga memberikan beberapa kemudahan dalam proses pendaftaran hingga voucher potongan biaya masuk.

Yanuar juga mengatakan bahwa selain hasil capaian penerimaan tahun ini yang melewati target, capaian lain yang diraih oleh PCR pada tahun ini antara lain meningkatnya akreditasi program studi dan prestasi yang diraih oleh civitas akademika PCR.

Untuk diketahui, kampus PCR pada tahun akademik 2020/2021 meraih berbagai prestasi Di antaranya dipercaya sebagai pelaksana pendamping program sekolah menengah kejuruan pusat unggulan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi dan berbagai prestasi lain.

Untuk prestasi mahasiswa yang diraih pada tahun 2020 dan 2021 ini diantaranya adalah Juara 1 Kategori Akuntasi keuangan pada Olimpiade Akuntansi Nasional 3 Perguruan Tinggi. Juara 1 Kategori Akuntasi Biaya dan Manajerial pada Olimpiade Akuntansi Nasional 3 Perguruan Tinggi.

Juara 1 Lomba Foto 97 tahun Chevron di Indonesia, Juara 1 pada Lomba Ide Kreatif Pengelolaan Limbah di Universitas Sriwijaya. Juara Harapan 2, Kategori Lomba Puisi pada kegiatan Pekan olah raga, sains dan seni.

Kemudian, juara 2 dan best poster dalam kegiatan Inventetion Mechanical of Engineering Venture untuk kategori Lomba Tulis Karya Ilmiah Nasional di Politeknik Negeri Jakarta. Juara 3 Business Plan Competition.

Lalu, peraih Pendanaan Pra Startup Kemristek/BRIN. Penerima Hibah Proposal Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta serta menjadi delegasi Indonesia pada Asia Youth International Model United Nations (AYUMI).

“Capaian-capaian diatas tentu saja dapat diraih atas komitmen semua elemen di kampus PCR dalam memenuhi dan melampaui ukuran kinerja atas proses dan tata kelola pendidikan yang dilakukan di PCR,” ujar Yanuar.

Dalam kesempatan ini, Ketua Dewan Pembina Yayasan Politeknik Chevron Riau (YPCR) Ir. Albert B M Simanjuntak, MBA mengatakan Keunggulan PCR didapatkan dari hasil penerapan nilai-nilai layaknya di sebuah perusahaan berkelas dunia.

Komentar

Berita Terkait