alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ribuan Vaksin Corona Palsu Asal China dan Afrika Disita, Campuran Garam-Air

Eko Faizin Sabtu, 06 Maret 2021 | 10:16 WIB

Ribuan Vaksin Corona Palsu Asal China dan Afrika Disita, Campuran Garam-Air
Ilustrasi vaksin Covid-19. [pixabay]

Menurutnya penemuan ini hanya puncak gunung es dari kejahatan terkait vaksin Covid-19.

SuaraRiau.id - Polisi menggerebek pabrik vaksin Corona palsu buatan China dan Afrika. Kepolisian setempat dikabarkan menyita ribuan dosis vaksin Covid-19 palsu.

Di China, polisi menyita sedikitnya 3.000 dosis dan menangkap 80 orang di sebuah pabrik yang diduga membuat vaksin palsu.

Sementara itu, dilansir laman BBC, di Afrika Selatan, sebanyak tiga warga negara China dan seorang warga Zambia ditahan di sebuah gudang di Kota Gauteng.

Dari penangkapan itu turut disita 2.400 dosis dan ampul vaksin palsu.

Penemuan di Afrika Selatan dan China itu juga dilaporkan oleh surat kabar Sunday Times di negara itu pada akhir Desember 2020 lalu.

Interpol dalam pernyataan yang dirilis pada Rabu (3/3/2021), mengatakan pihaknya juga mendapatkan laporan tentang jaringan vaksin palsu lainnya.

Selain temukan gudang vaksin palsu. Interpol Prancis (Organisasi Polisi Kriminal Internasional) juga menemukan jaringan sindikat vaksin palsu yang beredar di internet.

“Saat ini ada yang tersedia dan dijual secara online. Namun setiap vaksin yang diiklankan di internet atau situs web gelap, bukan yang sah, tidak teruji dan mungkin berbahaya,” katanya dikutip dari Hops.id--jaringan Suara.com pada Sabtu (6/3/2021).

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Interpol, Jürgen Stock, mengatakan bahwa operasi polisi di China dan Afrika Selatan disambut baik.

Menurutnya penemuan ini hanya puncak gunung es dari kejahatan terkait vaksin Covid-19.

Komentar

Berita Terkait