alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

PON Papua Berakhir: Riau Masuk 10 Besar dengan 21 Emas, 25 Perak, dan 21 Perunggu

Eliza Gusmeri Sabtu, 16 Oktober 2021 | 14:10 WIB

PON Papua Berakhir: Riau Masuk 10 Besar dengan 21 Emas, 25 Perak, dan 21 Perunggu
Gubernur Riau Syamsuar saat melepas atlet Riau ke PON Papua.(ist/dok diskominfotik)

Dengan raihan ini, kontingen Riau berhasil memenuhi target dan harapan mantan Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis yang baru wafat sekitar 6 bulan lalu.

SuaraRiau.id - Provinsi Riau berada diposisi 8 dari 10 besar raihan medali PON XX Papua. Riau mengumpulkan 67 medali dengan rincian 21 emas, 25 perak, dan 21 perunggu.

Dengan raihan ini, kontingen Riau berhasil memenuhi target dan harapan mantan Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis yang baru wafat sekitar 6 bulan lalu.

Hal itu pun terbukti berkat kerja keras dan kerja sama para kontingen Riau yang berangkat ke tanah Papua.

Sekretaris KONI Riau Deni Ermanto menyebut bahwa target berada di sepuluh besar sudah tercapai.

Baca Juga: Begini Bentuk Antusiasme Masyarakat Indonesia Dukung PON XX Papua

Bahkan kata Deni, jumlah perolehan medali dari 27 cabang olahraga yang ditandingkan pada PON ini melebihi perolehan medali pada PON Jawa Barat 2016 yang hanya 18 medali emas dari 37 cabang olahraga.

"PON lalu Riau 18 medali emas, sedangkan sekarang dengan 27 cabor, kita bisa 21 emas. Ini kan menunjukkan bahwa perolehan medali sudah meningkat dari yang sebelumnya," ungkapnya.

Adapun rinciannya, 21 emas didapat dari Cabang Olahraga Dayung di nomor K-1 1000 M Putra, Dayung nomor K-1 200 M Putra, Senam di nomor Beregu Putra, senam di nomor Perorangan Serba Bisa, dayung di Slalom C-1 Putra, Panahan di Fita Compound-Aduan Perorangan Putra, Senam nomor Perorangan Per Alat-Palang Tunggal.

Selanjutnya pada cabang olahraga Anggar di nomor Degen Individual Putri, Anggar di nomor Floret Individual Putra, Anggar di nomor Floret Team Putri, Anggar di nomor Degen Team Putri. Kemudian angkat besi di nomor Kelas 87 Kg Putri, anggar di nomor Degen Team Putra dan cabang olahraga renang di nomor 400 M Gaya Ganti Perseorangan Putri.

Lalu cabang olahraga angkat berat di nomor Kelas 59 Kg Putra, Renang di nomor 100 M Gaya Dada Putri, Angkat Berat di kelas 74 Kg Putra, Kempo di nomor Randori Kelas 65 Kg Putra, Angkat Berat di kelas 93 Kg Putra, Tinju di Kelas 49 Kg-52 Kg Putra serta Renang di nomor 50 M Gaya Dada Putri.

Baca Juga: Atlet PON Kepri Tiba di Batam, Bawa 2 Medali Emas 5 Perak dan 4 Perunggu

Selanjutnya untuk 25 medali perak datang dari cabang olahraga dayung nomor K-1 500 M Putri, Dayung nomor K-1 200 M Putri, Senam nomor Perorangan Serba Bisa, senam nomor Perorangan Per Alat, Muaythai Kelas 43 Kg Putri, Taekwondo di nomor Gyorugi-Heavy (Over 73 Kg : max 73,01 Kg) Putri, Anggar du nomor Floret Individual Putri.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait