alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dear Mahasiswa, Pemprov Riau Bakal Kucurkan Beasiswa Bantuan Sosial

Eko Faizin Rabu, 04 Agustus 2021 | 11:38 WIB

Dear Mahasiswa, Pemprov Riau Bakal Kucurkan Beasiswa Bantuan Sosial
Ilustrasi uang beasiswa. [pixabay/Mohamad Trilaksono]

Alokasi beasiswa tersebut diperuntukan bagi mahasiswa 76 perguruan tinggi yang ada di Riau.

SuaraRiau.id - Pemprov Riau bakal mengalokasikan anggaran untuk beasiswa bantuan sosial bagi mahasiswa yang terdampak Covid-19 pada tahun ini. Hal ini tentu saja bisa menjadi kabar gembira bagi mahasiswa Riau.

Alokasi beasiswa tersebut diperuntukan bagi mahasiswa 76 perguruan tinggi yang ada di Riau.

"Bentuk beasiswa bantuan sosial pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa yakni berupa pembayaran SPP atau UKT," kata Kasubag Pendidikan Biro Kesejahteraan (Kesra) Setdaprov Riau, Muhammad Saleh dikutip dari Antara, Selasa (3/8/2021).

Ia juga menyampaikan bahwa pemberian bantuan sebesar dua kali SPP kalau memang UKT atau SPPnya rendah.

Tak hanya itu, ada juga uang buku dan ada tambahan uang foto copy, berdasarkan hitungan uang UKT/SPP mahasiswa bersangkutan.

Menurut Saleh, beasiswa bantuan sosial ini dimaksudkan untuk mendukung keberlanjutan pendidikan bagi generasi muda di Riau lantaran banyak orangtua secara ekonomi terdampak pandemi Covid-19.

"Karena itu, masa depan mahasiswa tersebut harus diselamatkan, dengan harapan mereka bisa melanjutkan pendidikannya dengan baik," ujarnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Pemprov Riau telah menyediakan beasiswa untuk mahasiswa S1, S2, dan S3 di dalam Riau dan luar daerah Riau untuk tiga kategori, yakni beasiswa prestasi terdiri atas universitas yang sudah diseleksi, dan sudah di sepakati, jadi jumlahnya hanya terbatas peringkat perguruan tinggi lima besar saja terpilih di dalam dan di luar Riau.

"Sedangkan mahasiswa berasal dari perguruan tinggi di dalam Riau hanya 90 persen," katanya.

Pemrov Riua juga mempunyai program bantuan beasiswa bidik misi atau beasiswa bagi mahasiswa miskin berprestasi bakti negeri Provinsi Riau. Beasiswa ini diberikan untuk jalur seleksi maksimal S1 sampai semester 8. Beasiswa ini juga berkesinambungan," tutur Saleh. (Antara)

Komentar

Berita Terkait