alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pesona Pulau Beting Aceh, Wisata Bahari Riau yang Mirip Gili Trawangan

Eko Faizin Sabtu, 13 Maret 2021 | 12:26 WIB

Pesona Pulau Beting Aceh, Wisata Bahari Riau yang Mirip Gili Trawangan
Pulau Beting Aceh yang berada di kawasan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis. [Ist/Dok bengkaliskab.go.id]

Tidak banyak orang yang tahu kalau pasir pantai Beting Aceh ini bisa berbisik, tepatnya berbunyi jika disentuh.

SuaraRiau.id - Pulau Beting Aceh merupakan salah satu pulau kecil yang terletak di Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis. Tidak banyak orang yang tahu kalau pasir pantai Beting Aceh ini bisa berbisik, tepatnya berbunyi jika disentuh.

Pulau tersebut memiliki nuansa berwarna putih dari setiap sudut mata memandang, yang terpantul hanyalah putihnya pasir yang mengelilingi pulau kecil indah itu.

Fenomena cukup langka ini bisa dirasakan ketika menyentuh pasir yang ada di tepian pantai tersebut. Setiap sudutnya, terpantul putihnya pasir yang mengelilingi pulau. Jika air laut surut, maka akan muncul daratan pasir seluas lapangan sepakbola.

Pulau yang terletak di hamparan Selat Malaka ini memiliki luas empat hektare. Sebagai salah satu pulau terluar di Indonesia, objek wisata yang masih belum berpenghuni tersebut terlihat sangat menakjubkan.

Kawasan tersebut sering menjadi tujuan wisatawan saat bertandang ke Pulau Rupat. Jika tak mampir ke sini, rugi rasanya sebab hanya butuh waktu beberapa jam lagi untuk bisa sampai ke Beting Aceh.

Dari sejarahnya, pulau ini diperkirakan muncul karena adanya sedimentasi air laut yang membawa pasir menumpuk hingga menjadi sebuah pulau. Beting artinya gundukan pasir memanjang, namun karena berlangsung lama akhirnya membentuk sebuah pulau.

Untuk namanya sendiri memang cukup aneh, pasalnya membawa nama Aceh padahal pulau ini berada di Riau. Ternyata menurut warga, nama Beting Aceh ini diperkirakan karena pada mulanya tempat ini dihuni oleh masyarakat yang berasal dari Aceh.

"Cerita-cerita terdahulu, pulau ini ditemukan dan ditempati oleh orang dari Aceh," tutur Edison, warga Rupat Utara, baru-baru ini.

Ia menyebut, bahwa pulau Beting Aceh merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Namun lokasi ini kerap kali jadi tujuan wisatawan jika berkunjung ke Rupat.

"Warga sini ada menyewakan perahu untuk sampai ke sana, dari Rupat kita nyeberang sedikit lagi," tuturnya.

Komentar

Berita Terkait