alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Karhutla Riau: Kebakaran Lahan Gambut Kembali Terjadi di Meranti dan Siak

Eko Faizin Rabu, 03 Maret 2021 | 20:46 WIB

Karhutla Riau: Kebakaran Lahan Gambut Kembali Terjadi di Meranti dan Siak
Lahan yang terbakar di Desa Tanjung Gemuk, Kecamatan Rangsang, Kabupaten Meranti berhasil dipadamkan . [Dok Manggala Agni]

Saat ini, tim melakukan moping up pada lokasi yang telah disekat agar memastikan api tidak muncul lagi.

SuaraRiau.id - Dua hektare hutan dan lahan yang terbakar di Desa Tanjung Gemuk, Kecamatan Rangsang, Kabupaten Meranti berhasil dipadamkan Tim Manggala Agni Daops Siak di hari ke-3.

Kadaops Manggala Agni Sumatera VI Ihsan Abdillah mengatakan pihaknya menerjunkan 13 orang untuk memadamkan api di lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) bertanah gambut itu.

"Alhamdulillah tim gabungan berhasil padamkan api di tengah cuaca yang panas," ungkap Ihsan Abdillah, Rabu (3/3/2021) petang.

Untuk luasan lahan, tambah Ihsan, sebanyak 2 hektare lahan di Desa Tanjung Gemuk itu terbakar. Kondisi tanah gambut dan semak belukar membuat api mudah menjalar.

"Dua hektare luasan yang terbakar, Alhamdulillah mampu kita taklukkan bersama tim lainnya," tambahnya.

Saat ini, tim melakukan moping up pada lokasi yang telah disekat agar memastikan api tidak muncul lagi.

"Hari ini lokasi tuntas dipadamkan, selanjutnya diserahkan ke pihak Desa Tanjung Gemuk," jelasnya.

Disinggung soal sarana dan prasarana yang disiapkan untuk melakukan proses pemadaman apa saja, Ihsan sampaikan beberapa peralatan lengkap sudah dibawa untuk melakukan pemadaman.

"Kita bawa 1 unit mesin max, 23 roll selang buang ukuran 1,5 Inchi, 7 roll selang buang ukuran 2,5 inchi, 1 unit peralatan masak lengkap, 3 unit HT dan 1 unit drone," jelas Ihsan.

Turut turun ke lokasi melakukan pemadaman api di Desa Tanjung Gemuk, Kecamatan Rangsang, Kabupaten Meranti Manggal Agni Daops Sumatera VI, TNI, Polri, MPA Paralegal, PT SRL dan Aparat Desa Tanjung Gemuk.

Komentar

Berita Terkait