alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tak Hanya Bakar Tongkang, Rokan Hilir Ternyata Punya Spot Wisata Menawan

Eko Faizin Sabtu, 16 Januari 2021 | 11:35 WIB

Tak Hanya Bakar Tongkang, Rokan Hilir Ternyata Punya Spot Wisata Menawan
Kawasan pantai di Pulau Jemur, Kabupaten Rokan Hilir yang indah dan menawan dengan pasir putih dan bebatuan. [Suara.com/Panji Ahmad Syuhada]

Di daerah berjuluk Negeri Seribu Kubah ini memiliki beragam objek wisata menarik yang dapat dikunjungi.

SuaraRiau.id - Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) memiliki destinasi wisata yang tak kalah menawan dibandingkan spot wisata lainnya di Riau. Julukan negeri seribu kubah melekat pada daerah ini lantaran seluruh arsitektur bangunan pemerintahannya rata-rata memiliki kubah sebagai ciri khas.

Selain terkenal dengan tradisi tahunan berupa perayaan Bakar Tongkang di Ibu Kota Rohil, Bagansiapiapi, kawasan ini juga memiliki tempat wisata yang perlu anda kunjungi bersama keluarga dan kerabat.

Ya, momen kebersamaan tersebut pas apalagi jika diisi pada waktu akhir pekan.

Di daerah berjuluk Negeri Seribu Kubah ini memiliki beragam objek wisata menarik yang dapat dikunjungi. Tempat-tempat menarik tersebut mampu meninggalkan kesan mendalam bagi mereka yang pernah mendatanginya.

Kali ini SuaraRiau.id rangkum beberapa destinasi wisata yang bisa jadi pilihan kamu saat berlibur ke Rokan Hilir :

1. Pulau Jemur
Pulau Jemur merupakan pulau yang berdekatan dengan Malaysia, pulau ini masih berada di Rokan Hilir, hanya saja perlu menyeberang untuk sampai ke pulau tersebut.

Jika diperhatikan dengan seksama, pulau Jemur terdiri dari beberapa kumpulan pulau-pulau kecil, seperti pulau Tekong Simbang, pulau Tekong Emas dan pulau Labuhan Bilik. Pulau-pulau tersebut berkumpul melingkar mengelilingi laut yang tenang.

Untuk pemandangan alam yang dimiliki oleh pulau Jemur sendiri, wisatawan dapat melihat betapa indahnya pemandangan yang ada di sana. Selain memiliki pemandangan alam yang indah, pulau Jemur juga kaya akan hasil laut.

Pulau Jemur dilengkapi pula dengan goa Jepang, perigi tulang, menara suar, batu panglima layar dan pantau berpasir kuning keemasan.

Dengan tawaran tempat-tempat yang menarik tersebut, pulau Jemur mampu memanjakan para wisatawan dengan baik yang pergi ke lokasi wisata tersebut. Pulau jemur menyuguhkan estetika keindahan alam khas pantai dengan dilengkapi banyak bangunan bersejarah yang menambah keindahan Pulau Jemur ini.

2. Danau Napangga
Sama halnya dengan propinsi dan kota lainnya, Rokan Hilir juga memiliki tempat wisata berupa danau. Danau Napangga menjadi salah satu lokasi wisata di Rokan Hilir yang memiliki pemandangan alam menarik.

Air tenang yang dimiliki oleh danau tersebut membuat wisatawan tergiur untuk menghabiskan waktu di sana. Memiliki nilai sejarah yang tinggi, Danau Napangga dikenal sebagai lokasi pesinggahan para raja di jaman dahulu.

Sudah banyak spot foto menarik yang dibangun di danau Napangga dan pemadangan yang asli yang bisa menghasilkan banyak gambar indah yang bisa kamu pamerkan ke media sosial. Wisatawan bisa naik perahu unik yang sudah dihias untuk berkeliling dan menikmati keindahan danau Napangga dari berbagai sudut dengan menyenangkan.

Danau Napangga merupakan tempat hidup ikan arwana yang berharga mahal. Di dekat danau, wisatawan dapat menemukan suku asli Rokan Hilir.

Suku tersebut dikenal dengan nama suku Bonai. Karena jalan menuju lokasi wisata telah diaspal, wisatawan tidak akan kesulitan ketika akan berkunjung ke Danau Napangga.

Seseorang sedang menikmati suasana di kawasan pantai di Pulau Jemur, Kabupaten Rokan Hilir yang indah dan menawan dengan pasir putih dan bebatuan. [Suara.com/Panji Ahmad Syuhada]
Seseorang sedang menikmati suasana di kawasan pantai di Pulau Jemur, Kabupaten Rokan Hilir yang indah dan menawan dengan pasir putih dan bebatuan. [Suara.com/Panji Ahmad Syuhada]

3. Sinaboi
Sinaboi menjadi nama tempat wisata di Rokan Hilir yang dekat dengan kota Bagansiapiapi. Lokasi wisata berupa pantai ini memiliki keindahan alam yang eksotis. Dengan pasir berwarna putih, keindahan alam pantai yang dimiliki oleh Sinabol terasa lebih lengkap. Di tempat ini, wisatawan dapat menemukan rumah-rumah yang dibangun di atas laut. Wisatawan juga dapat menikmati kudapan laut yang segar di Sinaboi.

Sinaboi menjadi lokasi wisata yang cocok bagi wisatawan yang memiliki hobi memancing karena ada banyak spot memancing yang tersedia.

Jadi di sini pemain bisa menikmati keindahan alam eksotis, memancing di spot terbaik dan menikmati berbagai olahan laut yang segar dengan harga yang tentu bersahabat dengan kantong para wisatawan lokal dan mancanegara.

4. Panipahan
Keindahan alam desa yang masih asri mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat tersebut. Hal ini pula yang menyebabkan Panipahan menjadi tujuan wisatawan lokal yang ingin mengetahui keindahan alam desa Panipahan. Di tempat ini, wisatawan dapat menemukan bagaimana kehidupan sehari-hari para nelayan. Panipahan menjadi desa dimana nelayan-nelayan tinggal.

Wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburannya di Panipahan sebaiknya datang ketika sore hari. Pada saat itu, wisatawan dapat menemukan kedai kopi, kafe, tempat karaoke dan alun-alun yang ramai. Suasana yang menghibur dapat datang dengan sendirinya ketika wisatawan datang ketika senja hari.

5. Pulau Tilan
Selanjutnya ada Pulau Tilan, menghabiskan waktu liburan di tempat ini menjadi keputusan yang tepat bagi wisatawan yang ingin memanjakan diri.

Pulau yang berseberangan dengan desa Rantau Bais ini memiliki bibir pantai berwarna putih. Untuk mendatangi Pulau Tilan, wisatawan dapat memanfaatkan kapal atau sampan untuk menyeberang.

Keindahan alam yang dimiliki oleh Pulau Tilan dapat ditemukan disepanjang pulau. Panorama alam yang dimiliki oleh pulau menjadi pesona utama yang dimiliki oleh pulau ini. Dikenal sebagai pantai yang sangat indah, tak mengherankan jika wisatawan menjadikan Pulau Tilan sebagai tujuan wisata yang menarik.

Apalagi, masyarakat di lokasi tersebut terkenal ramah dan sangat terbuka kepada para wisatawan dari luar daerah.

6. Desa Rantau Bais
Desa yang berlokasi di Rokan Hilir ini memiliki budaya dan adat istiadat yang unik. Ketika wisatawan berkunjung ke desa, mereka dapar menemukan rumah tua dengan arsitektur melayu. Karena berhadapan dengan pulau Tilan, pemandangan di sekitar desa nampak indah dan mempesona.

Berkunjung ke Desa Rantau Bais bisa menjadi pilihan wisata edukasi untuk mengenalkan diri sendiri, keluarga, teman dan kerabat dengan budaya asli dari salah satu Daerah di Indonesia. Wisata mengenal adat dan budaya lokal akan mengajarkan rasa toleransi pada keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Bonus wisata disini pemadangan indah laut pulau Tilan.

Di tempat itu juga masyarakat yang ramah banyak memiliki usaha mikro kecil menengah (UMKM), sehingga selain berwisata, pengunjung juga dapat belajar tentang wirausaha kepada masyarakat desa setempat.

7. Pulau Barkey
Pulau yang tidak berpenghuni menjadi tempat wisata yang unik dan menarik. Karena tidak berpenghuni, wisatawan akan merasakan suasana damai ketika berkunjung ke pulau tersebut.

Rasa lelah dan penat akibat banyaknya pekerjaan dapat hilang ketika mereka berlibur ke pulau Barkey. Selain belum dihuni oleh menusia, pulau Barkey memiliki panorama alam yang menarik. Pantai dengan pasir putih menjadi salah satu pesona yang dimiliki oleh pulau Barley.

Warna air laut yang biru menambah rangkaian keindahan alam yang dimiliki oleh Pulau Barkey. Air laut yang jernih dapat membuat wisatawan menikmati keindahan alam bawah laut dengan jelas. Wisatawan bahkan dapat menghabiskan waktunya untuk bermain dan olahraga air di pulau Barkey karena hembasan ombak laut yang berukuran kecil.

Nah itu tadi beberapa lokasi wisata di negeri seribu kubah yang bisa anda kunjungi. Lokasi ini memiliki keindahan pesona alam yang menawan, selain itu budaya dan sosial masyarakat setempat sangat terbuka.

Sehingga Rokan Hilir cocok buat kamu yang ingin merasakan sensasi berlibur sekaligus mengenal ragam budaya setempat.

Kontributor : Panji Ahmad Syuhada

Komentar

Berita Terkait