alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pemrov Riau Dapat Bantuan Rp2,5 Miliar untuk Pembuatan 5 Kapal Nelayan

Eliza Gusmeri Jum'at, 14 Januari 2022 | 10:36 WIB

Pemrov Riau Dapat Bantuan Rp2,5 Miliar untuk Pembuatan 5 Kapal Nelayan
Ilustrasi kapal nelayan (foto:riaulink)

Bantuan tersebut berasal dari bantuan dana tugas pembantuan (TP) sebesar Rp2,5 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2022, Kementerian Kelautan dan Perikanan.

SuaraRiau.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan menyalurkan bantuan lima unit kapal nelayan di empat kabupaten/kota, yakni Bengkalis 2 unit, Rokan Hilir (Rohil), Kepulauan Meranti dan Kota Dumai masing-masing 1 unit.

Bantuan tersebut berasal dari bantuan dana tugas pembantuan (TP) sebesar Rp2,5 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2022, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI yang diterima pemrov Riau tahun ini.

"Alhamdulillah tahun ini kita mendapat bantuan dana TP APBN dari KKP sebesar Rp2,5 miliar. Anggaran itu untuk bantuan kapal nelayan ukuran besar 5 GT yang dilengkapi dengan alat tangkap ikan," kata

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Riau, Herman Mahmud, Kamis (13/1/2022) di Pekanbaru.

Baca Juga: Kabar Duka, Dirbinmas Polda Riau Kombes Kris Pramono Meninggal Dunia

Herman Mahmud mengatakan, bantuan kapal tersebut akan diserahkan kepada koperasi nelayan di empat daerah tersebut. Di mana koperasi yang menerima bantuan kapal itu telah dilakukan verifikasi atas usulan kabupaten dan kota.

"Karena sebelumnya kita minta kabupaten/kota untuk menentukan koperasi calon penerima bantuan kapal dari pusat itu. Setelah itu baru kita lakukan verifikasi lapangan sesuai dengan petunjuk teknis dari pusat," ujarnya.

Saat ini bantuan kapal tersebut tengah proses lelang, diperkirakan pertengahan Februari sudah lelang dan pertengahan Maret sudah bisa teken kontrak pengerjaan lima unit kapal itu.

"Untuk pekerjaan kapal kita targetkan enam bulan, sehingga pada September sudah selesai. Kalau pun terjadi kendala paling lama Oktober sudah selesai," pungkasnya.

Baca Juga: Sembilan Ribu Liter Minyak Goreng Subsidi Siap Disalurkan ke Riau

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait