alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pemprov Riau Ingin Blok Rokan Produksi Minyak Bumi 100.000 Barel/Hari

Eko Faizin Jum'at, 26 November 2021 | 21:43 WIB

Pemprov Riau Ingin Blok Rokan Produksi Minyak Bumi 100.000 Barel/Hari
Pengeboran sumur minyak PT Pertamina Hulu Rokan (PHR). [Dok PHR]

Tak hanya itu, Pemprov Riau juga ingin pada 2024 produksi Blok Rokan bisa meningkat mencapai 500.000 barel per hari.

SuaraRiau.id - PT Pertamina Hulu Rokan atau PHR diharapkan mampu menambah produksi minyak bumi hingga 100.000 barel per hari dari Lapangan Minas.

Tak hanya itu, Pemprov Riau juga ingin pada 2024 produksi Blok Rokan bisa meningkat mencapai 500.000 barel per hari.

Kepala Dinas ESDM Riau, Rudy H Saleh mengungkapkan bahwa Pemprov telah menetapkan empat komitmen Pertamina dalam Rencana Daerah dalam Kerjasama Blok Rokan yakni Pertamina memberikan kontribusi dari hasil Blok Rokan terhadap Pendapatan Bagi Hasil Daerah.

"Pertamina berkomitmen bahwa Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) berhak atas Participating Interest Sepuluh Persen (PI 10 persen) Blok Rokan," terang Rudy pada Kamis (25/11/2021).

Menurut dia, mengenai PI 10 persen yang diamanahkan, dimana Pemerintah Provinsi Riau akan ikut di dalamnya, maka diharapkan mekanisme proses pengalihan PI 10 persen dapat berjalan dengan lancar dan bisa dipercepat.

Ini jadi masukan juga bagi Pertamina Hulu Rokan agar birokrasi atau koordinasi internal Pertamina itu bisa dipercepat.

"Bagian ketiga komitmen yang ditetapkan untuk Pertamina adalah kegiatan operasional Blok Rokan akan melibatkan partisipasi Perusahaan lokal baik dalam bentuk barang dan jasa, amupun tenaga kerja," katanya.

Keempat, kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan akan bersinergi dengan pemerintah daerah agar tepat sasaran dan sesuai kebutuhan.

"Harapan kami ke depan Pertamina kurang lebih menguasai 80 persen di Riau. CSR itu tidak dilakukan secara parsial tetapi secara terpadu yaitu bagaimana Pertamina Coorporate mendesain CSR/Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan itu disinergikan dengan program pembangunan Pemerintah Daerah Provinsi Riau meliputi kabupaten/kota," ujar Rudi.

Selain itu CSR ini dapat melibatkan perguruan tinggi di Riau untuk melakukan pengembangan-pengembangan seperti peningkatan kualitas SDM, pemberdayaan ekonomi masyarakat, kesehatan dan infrastruktur.

"Terkait rekrutmen tenaga kerja lokal, diberikan ruang khusus kepada putra-putri Riau untuk bisa berkontribusi terhadap Blok Rokan, mungkin ini adalah poin penting. Kami berharap blok Rokan ini berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Riau," tegas dia. (Antara)

Komentar

Berita Terkait