alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Terganggu Ikoy-ikoyan, Dokter Tirta Minta Tanggung Jawab Arief Muhammad

Eko Faizin Kamis, 09 September 2021 | 19:35 WIB

Terganggu Ikoy-ikoyan, Dokter Tirta Minta Tanggung Jawab Arief Muhammad
Dokter Tirta Mandira Hudhi. [Instagram/@dr.tirta]

Warganet mengirim pesan WA telemedicine dokter Tirta, padahal nomor tersebut merupakan kontak untuk jasa konsultasi kesehatan gratis.

SuaraRiau.id - Dokter Tirta Mandira Hudhi mengaku terganggu dengan tren ikoy-ikoyan yang dipopulerkan oleh penulis sekaligus YouTuber Arief Muhammad.

Dokter Tirta mulai dikirim pesan WhatsApp oleh netizen yang meminta uang. Influencer dan alumni Universitas Gadjah Mada itupun menolak.

Warganet mengirim pesan WA telemedicine dokter Tirta, padahal nomor tersebut merupakan kontak untuk jasa konsultasi kesehatan gratis.

Arief Muhammad [Instagram/@ariefmuhammad]
Arief Muhammad. [Instagram/@ariefmuhammad]

"Netizen itu mulai japri saya, awal mula DM, 'Dok, bagi duit. Ikoy-ikoyan'. Aku kalo itu biasa aja. Cuma ada beberapa memanfaatkan telemedicine, aku kan melayani konsultasi gratis. Mereka WA, bener-bener, 'Dok, gue butuh duit'. Ketika gue tolak jawabannya adalah, 'Lo gak setajir dan sekaya Arief Muhammad'," tuturnya, mengutip tayangan potongan video yang diunggah akun @insta.nyinyir, Kamis (9/9/2021).

Dokter Tirta pun meminta pertanggungjawaban kepada Arief Muhammad, meminta sang YouTuber tersebut untuk mengedukasi netizen.

Namun, Arief Muhammad menolak dengan mengatakan bahwa mereka yang meminta kepada dr Tirta sudah bukan ranahnya.

"'Gue sudah mencoba edukasi, bro. Tapi kalo netizen kan di luar kuasa', Nah, inilah yang aku kurang setuju. Lo kan yang buat, dia yang buat, impact-nya itu ya dia yang harus tanggung jawab. Jangan hanya mau engagement rate-nya doang, tapi impact-nya ini mulai ngawur. Netizen mulai berlomba-lomba nge-share penderitaannya," sambung dokter Tirta seperti dikutip dari Matamata.com.

"Kalo giveaway gue lebih setuju karena kuis, jelas kategori marketing. Tapi kalo ini kan, berlomba-lomba nge-share masalah hidup lu. Sampe ada yang protes, 'Gue lebih menderita, kenapa duitnya enggak ke gue aja'," sambungnya.

Lalu pada akhirnya, dokter Tirta mengatakan bahwa membentuk tren ikoy-ikoyan adalah hak Arief Muhammad dan Ikoy. Namun, yang terpenting adalah jangan sampai mengganggu orang lain.

Komentar

Berita Terkait