facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Penumpang Bandara Hang Nadim Wajib Tunjukkan Hasil Tes PCR

Eko Faizin Selasa, 13 Juli 2021 | 17:50 WIB

Penumpang Bandara Hang Nadim Wajib Tunjukkan Hasil Tes PCR
Pemeriksaan kesehatan calon penumpang Bandara Hang Nadim, Kamis (4/6/2020). [Batamnews]

Kebijakan ini berlaku mulai Senin (12/7/2021) kemarin.

SuaraRiau.id - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Hang Nadim Batam melakukan validasi hasil tes PCR terhadap calon penumpang maupun penumpang pesawat yang berasal dari luar Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Kebijakan ini berlaku mulai Senin (12/7/2021) kemarin.

Calon penumpang pesawat diwajibkan menunjukkan hasil tes PCR/swab antigen negatif dari 742 laboratorium yang terdaftar di Kementerian Kesehatan.

Upaya validasi hasil tes PCR kali ini juga mengecek daftar laboratorium yang terafiliasi dan diakui dengan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI sebagai syarat perjalanan atau penerbangan.

Pada ketentuan yang berlaku mulai 12 Juli 2021, di antara 742 laboratorium di Indonesia, tercatat juga laboratorium di Kepri.

“Iya kami lakukan pemeriksaan validasi sesuai dengan daftar dari Kemenkes,” kata Korwil KKP Bandara Hang Nadim, dr Agung dilansir dari Batamnews.co.id--jaringan Suara.com, Selasa (13/7/2021).

Meski begitu, menurut dia, pihaknya belum menemukan calon penumpang maupun penumpang pesawat yang menggunakan laboratorium PCR di luar dari afiliasi dengan Kemenkes RI.

Walaupun belum ada kasus ada hasil tes PCR yang ditolak karena tidak masuk dalam daftar laboratorium yang diakui Kemenkes RI, namun pihaknya pernah menolak hasil tes PCR yang positif Covid-19.

“Kami pulangkan, karena hasil PCR menunjukkan positif Covid-19,” kata dia.

Jika pihaknya menemukan hasil tes PCR yang tidak masuk daftar yang terafiliasi dan diakui dengan Kemenkes RI, maka hasil tes PCR tersebut tidak diakui.

Komentar

Berita Terkait