alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sederet Manfaat Keladi Tikus, Obat Mujarab Jerawat hingga Kanker

Eko Faizin Jum'at, 09 Juli 2021 | 09:34 WIB

Sederet Manfaat Keladi Tikus, Obat Mujarab Jerawat hingga Kanker
Tanaman Keladi Tikus. [Ist]

Tanaman hias ini dinamakan keladi tikus lantaran bentuk daun hati dengan ujung yang runcing.

SuaraRiau.id - Tanaman hias keladi tikus selain untuk mempercantik pemandangan di halaman rumah ternyata mempunyai manfaat obat.

Tanaman famili araceae ini memang sejak lama dijadikan obat herbal dibeberapa negara seperti China, Bangladesh, Bhutan dan negara-negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Melansir Alodokter, di Indonesia, tanaman keladi tikus kerap digunakan sebagai pengobatan alternatif atau jamu yang dipercaya bisa mengobati beragam penyakit, mulai dari batuk, sesak napas, hingga infeksi paru-paru (pneumonia).

Dari sekian banyak penyakit yang diyakini bisa diobati dengan keladi tikus, ada satu penyakit yang terbilang paling mematikan, yaitu kanker. Itulah sebabnya, klaim bahwa keladi tikus dapat mengobati kanker ini cukup fenomenal.

Tanaman hias ini dinamakan keladi tikus lantaran bentuk daun hati dengan ujung yang runcing.

Sedangkan bunganya muncul pada roset akar berbentuk menyerupai eko tikus. Dengan panjang batang kurang lebih 16 cm. Pada bagian kelopak untuk bisa mengenali jenis keladi tikus biasanya memiliki warna kekuningan.

Mengutip laman Ringtimes, saat ini banyak pecinta tanaman baru menyadari manfaat menanam keladi tikus, karena memiliki khasiat yang dipercaya untuk obat.

Berikut ini sederet manfaat tanaman keladi tikus bagi kesehatan tubuh, dikutip dari Hops.id--jaringan Suara.com.

1. Obat Jerawat dan Bisul
Keladi tikus terkandung zat kimia bernama zat hepatoprotector dan immunomodulator yang mampu ngatasi bengkak pada bisul atau jerawat yang disertai nanah dan bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri.

Cara menggunakannya sendiri cukup dengan menumbuk daun hingga halus, kemudian tempelkan pada bisul atau jerawat yang mengganggu, hal itu akan membuat pembengkakan segera kempes dan menghilang.

Komentar

Berita Terkait