facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tahapan PPDB SD/SMP di Pekanbaru Diumumkan Rabu 23 Juni 2021

Eko Faizin Senin, 21 Juni 2021 | 07:00 WIB

Tahapan PPDB SD/SMP di Pekanbaru Diumumkan Rabu 23 Juni 2021
Ilustrasi PPDB SD/SMP di Pekanbaru. [dok istimewa]

Pengumunan bisa dilihat para calon wali murid dan dan calon peserta didik di sekolah terdekat di wilayahnya.

SuaraRiau.id - Teknis dan tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB Pekanbaru 2021 bakal diumumkan pada Rabu 23 Juni 2021.

Pengumunan bisa dilihat para calon wali murid dan dan calon peserta didik di sekolah terdekat di wilayahnya.

Calon pendaftar bisa mempersiapkan dokumen untuk PPDB tahun ini. Rencana PPDB Pekanbaru dimulai 5 Juli hingga 11 Juli 2021.

"Nanti sekolah akan umumkan pada Rabu atau Kamis besok," ujar Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru, Ismardi Ilyas dikutip dari Riauonline.co.id--jaringan Suara.com, Minggu (20/6/2021).

Menurutnya, dinas nantinya menggelar rapat lebih dahulu dengan para kepala sekolah. Ia ingin memastikan kesiapan di sekolah jelang PPDB berlangsung awal bulan Juli 2021 mendatang.

Pihaknya bakal menjelaskan perihal mekanisme PPDB kepada para sekolah. Proses PPDB tingkat SD dan SMP nantinya berlangsung secara online. Namun yang berlangsung online secara penuh hanya PPDB tingkat SMP.

"Jadi kita sosialisasi kepada kepala sekolah, nantinya mereka membuat pengumuman di masing-masing sekolah," ujarnya.

Jalur zonasi mendominasi PPDB tahun 2021 tingkat SMP di Kota Pekanbaru. Para peserta didik berkesempatan besar masuk ke sekolah yang paling dekat dari rumahnya.

Jumlah peserta didik yang diterima lewat jalur zonasi nantinya mencapai 65 persen. Ada kenaikan lima persen dari PPDB tahun sebelumnya.

"Ada empat jalur PPDB tahun ini. Satu di antaranya jalur afirmasi untuk peserta didik kurang mampu," terangnya.

Selanjutnya, ada jalur prestasi dan jalur pindah orangtua dari daerah lain. Ia menyebut bahwa jalur zonasi menjadi prioritas untuk PPDB tingkat SMP.

Ismardi menjelaskan, ada perbedaan dengan kebijakan PPDB tingkat SD. PPDB SD lebih memprioritaskan batas umur. Bagi yang lolos zonasi tapi belum cukup umur untuk masuk SD tidak bisa lolos.

"Mereka yang masuk zonasi, tapi belum tujuh tahun tidak bisa lolos. Sebab belum cukup umur," kata dia.

Komentar

Berita Terkait