alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Masjid Raya Syahabuddin, Peninggalan Sultan Siak Bergaya Eropa-Turki

Eko Faizin Minggu, 02 Mei 2021 | 06:28 WIB

Masjid Raya Syahabuddin, Peninggalan Sultan Siak Bergaya Eropa-Turki
Masjid Syahabuddin atau Masjid Raya Siak peninggalan Sultan Syarif Kasim II atau Sultan Siak ke-12. [Suara.com/Alfat Handri]

Lamanya pembangunan Masjid Raya Syahabuddin ini dilakukan renovasi lebih kurang selama 10 tahun.

SuaraRiau.id - Masjid Raya Syahabuddin atau Masjid Raya Siak merupakan salah satu masjid yang berlokasi di Jalan Sultan Ismail, Kampung Dalam, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Jaraknya sekitar 500 meter dari lokasi Istana Siak. Masjid ini sejak zaman Kerajaan Siak sudah ada. Zaman Sultan Siak ke-11 yakni Sultan Assayaidis Syarief Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin masjid ini terbuat dari kayu.

"Namun, setelah zaman Sultan ke -12 yakni Sultan Syarif Kasim II masjid ini direnovasi dijadikan batu pada tahun 1926," kata Budayawan Siak, Said Muzani.

Lamanya pembangunan Masjid Raya Syahabuddin ini dilakukan renovasi lebih kurang selama 10 tahun.

Zaman dahulu, lanjut Said Muzani, di sekitar masjid Syahabudin ini terdapat sebuah menara tinggi yang berfungsi untuk orang azan.

"Menara itu untuk azan, sebab zaman dahulu belum ada mic atau speaker, khususnya menara itu berfungsi pada saat adzan subuh," jelas Said Muzani.

Dahulu, kenang Muzani saat dirinya masih kecil, bahwa Masjid Syahabuddin merupakan sentral bagi masyarakat Siak untuk melaksanakan salat Jumat.

"Dari daerah kalian, dari seberang Kampung Tengah, Mempura, dan Tanjung Agung. Mereka ke masjid menggunakan sampan," jelasnya

Bahkan, setiap bulan Ramadhan, masjid Syahabudin juga menjadi tempat bagi masyarakat untuk melaksanakan salat tarawih.

"Semuanya datang kemari bahkan dari seberang pun datang menggunakan sampan," kata dia.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Komentar

Berita Terkait