alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wow! Warga Riau Ternyata Didominasi Generasi Z dan Milenial

Eko Faizin Jum'at, 22 Januari 2021 | 18:18 WIB

Wow! Warga Riau Ternyata Didominasi Generasi Z dan Milenial
Ilustrasi generasi Z dan Milenial (Shutterstock)

Penduduk Riau hingga perhitungan sensus penduduk pada September 2020 terdata sebanyak 6,39 juta jiwa.

SuaraRiau.id - Mayoritas penduduk di Provinsi Riau kini didominasi oleh generasi Z dan milenial, demikian disampaikan Badan Pusat Statistik (BPS) dalam hasil Sensus Penduduk 2020.

Kepala BPS Riau, Misfaruddin mengungkapkan bahwa hal ini dinilai sebagai peluang untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di masa datang.

"Proporsi generasi Z sebesar 30,79 persen atau sebanyak 1,94 juta jiwa, dan generasi milenial sebesar 27,24 persen atau 1,72 juta jiwa dari total populasi Provinsi Riau," kata Misfaruddin dikutip dari Antara, Jumat (22/1/2021).

Ia menyampaikan, penduduk Riau hingga perhitungan sensus penduduk pada September 2020 terdata sebanyak 6,39 juta jiwa.

Hasil SP2020 dibandingkan dengan SP2010 memperlihatkan penambahan jumlah penduduk sebanyak 855.720 ribu jiwa, atau rata-rata sebanyak 85.570 ribu jiwa setiap tahun.

Dari jumlah tersebut, komposisi penduduk menurut generasi menunjukan bahwa proporsi mayoritas penduduk adalah generasi Z dan milenial.

"Sebagian besar dari kedua generasi ini termasuk dalam usia produktif yang dapat menjadi peluang untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi," tuturnya.

Dari sisi demografi, lanjutnya, seluruh Generasi X dan Generasi Milenial merupakan penduduk yang berada pada kelompok usia produktif pada tahun 2020. Sedangkan generasi Z terdiri dari penduduk usia belum produktif dan produktif.

Menurut dia, sekitar tujuh tahun lagi seluruh generasi Z akan berada pada kelompok penduduk usia produktif.

"Hal ini merupakan peluang dan tantangan bagi Provinsi Riau, baik di masa sekarang maupun masa depan, karena generasi inilah yang berpotensi menjadi aktor dalam pembangunan yang akan menentukan masa depan Provinsi Riau," terang dia. (Antara)

Komentar

Berita Terkait