alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral Pria Disengat Lebah Malah Jadi Bahan Tertawaan, Warganet Geram

Fitri Asta Pramesti Kamis, 14 Januari 2021 | 14:26 WIB

Viral Pria Disengat Lebah Malah Jadi Bahan Tertawaan, Warganet Geram
Ilustrasi lebah. (Pixabay/Capri23auto)

Bibir pria ini sampai bengkak gara-gara sengatan lebah

SuaraRiau.id - Media sosial dikejutkan dengan video yang menunjukkan seorang pria jadi bahan tertawaan oleh teman-temannya usai disengat lebah.

Alih-alih berempati, sejumlah orang yang ada di sekitarnya malah tertawa saat pria ini tengah menjelaskan kondisi bibirnya yang bengkak akibat sengatan lebah.

Alhasil, video yang menunjukkan kondisi pria disengat lebah itu membuat warganet geram. Hal ini diketahui dari unggahan akun Instagram @nenk_update baru-baru ini.

"Mencari madu tidak semudah yang dibayangkan," tulis @nenk_update pada caption dikutip pada Kamis (14/1/2021).

Baca Juga: Simak, Ini Pertolongan Pertama Kena Sengatan Lebah

Dalam video tersebut, nampak seorang pria menunjukkan bagian bibirnya yang bengkak usai terkena sengatan lebah.

Video pria disengat lebah malah jadi bahan tertawaan. (Instagram/nenk_update)
Video pria disengat lebah malah jadi bahan tertawaan. (Instagram/nenk_update)

Tak hanya bagian bibir, sengatan lebah juga mengakibatkan kedua pipi pria tersebut membesar.

Pria berbaju biru itu terlihat kesulitan saat berbicara lantaran kondisi bibirnya yang bengkak.

Sejumlah orang yang berada di samping pria itu, malah tertawa melihat kondisinya. Bahkan, ada yang membuat lelucon yang menyebut kata "badut."

Kendati terlihat kesakitan, pria itu sempat terkekeh usai mendengar komentar dari teman-temannya yang masih terus tertawa.

Baca Juga: Gerobak Penjual Susu Kedelai Dikerubungi Lebah, Dianggap Bawa Keberuntungan

Hingga tulisan ini disusun, belum diketahui secara pasti kronologi bagaimana pria ini disengat lebah, pun demikian dengan lokasinya.

Video pria terkena sengatan lebah ini lantas mengundang beragam reaksi dari warganet. Tak sedikit yang merasa miris.

"Kasian kok malah jadi bahan lelucon. Kalo gue ada disana langsung gue bawa ke dokter tuh bapaknya," tulis akun @beby***

"Denyutnya bukan main itu, yang ketawain itu beneran ga ada brainnya. Hmm awas karma," kata @lisa***

"Itu yang ketawa pingin saya tampol mukanya," timpal @via.***

"Ya Allah, kasian banget, demi mencari nafkah sampai segitunya, moga cepet sembuh bang," kata imbuh @alba***

Lihat video selengkapnya di sini.

Cara merawat luka dari sengatan lebah

Lebah atau tawon sering kali menyengat secara mendadak. Kena sengatan lebah bisa menimbulkan bengkak dan rasa sakit pada area yang disengat. Tidak sedikit juga yang berdarah karena tertusuk duri sengat.

Meski kebanyakan kasus disengat lebah tidak berbahaya, sengatan lebah tetap harus diatasi dengan tepat. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan jika ada seseorang di dekat Anda yang kena sengatan lebah, dilansir dari WebMD.

1. Singkirkan duri sengat yang tertinggal pada kulit
Duri sengat harus segera dikeluarkan. Anda bisa mengeluarkannya dengan alat bantu kartu ATM untuk menekan ujung sengat yang tertanam dalam kulit, kemudian mendorongnya keluar. Hindari menjepit duri sengat dengan jari atau pinset, karena berisiko mendorongnya masuk lebih dalam dan menyebabkan racun yang tersisa di duri sengat masuk melalui kulit.

2. Mengompres es di area yang kena sengatan selama 20 menit
Setelah duri sengat berhasil dikeluarkan, biasanya sengatan lebah akan meninggalkan bengkak pada kulit. Kompreslah bagian yang bengkak ini dengan es selama 20 menit untuk membantu meredakan bengkak dan rasa sakit.

3. Mengonsumsi obat antigatal ataupun penghilang rasa sakit
Anda bisa mengonsumsi antihistamin seperti diphenhydramine (Benadryl) atau loratadine (Claritin) untuk membantu mengatasi gatal dan bengkak akibat sengatan tawon. Sedangkan untuk membantu menghilangkan rasa sakit, Anda bisa minum acetaminophen (Tylenol) atau ibuprofen (Motrin).

4. Cuci area yang disengat dengan air dan sabun
Tujuannya untuk membersihkannya dari bakteri dan kuman. Setelah itu, oleskan krim hidrokortison pada area yang disengat untuk membantu meredakan kemerahan, gatal, dan bengkak.

5. Jika terkena sengatan di mulut, tenggorokan, atau mata
Jika area yang disengat lebah adalah mulut, tenggorokan, atau mata, Anda sebaiknya menghubungi dokter secara langsung untuk mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut.

Setelah langkah-langkah pertolongan pertama di atas Anda lakukan, seseorang yang tidak mengalami alergi akan mengalami gejala berupa ruam dan gatal pada area yang bekas disengat lebah.

Namun pada orang yang alergi, sengatan lebah bisa berlanjut menjadi reaksi syok anafilaksis. Kondisi ini tergolong berbahaya dan harus segera mendapatkan pertolongan medis. Beberapa gejala yang bisa timbul, di antaranya sulit bernapas, kehilangan kesadaran, muntah, hingga jantung berhenti berdetak. Segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait