alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

PLN Beri Kado Listrik 11 Desa di Kampar dan Inhil, Camat: Desa Kami Terang

Eko Faizin Selasa, 27 Oktober 2020 | 21:49 WIB

PLN Beri Kado Listrik 11 Desa di Kampar dan Inhil, Camat: Desa Kami Terang
Seorang petugas PLN Riau menaiki tiang listrik. [Dok PLN]

Gubernur Riau Syamsuar mengapresiasi kinerja PLN yang telah memberi aliran listrik desa.

SuaraRiau.id - Sebagian warga di Kabupaten Kampar dan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mendapatkan kado spesial dari PLN.

Tepat di Hari Listrik Nasional ke-75, sebanyak 11 desa di dua kabupaten ini telah mendapatkan penerangan listrik PLN. Hal tersebut ditandai dengan penyalaan listrik desa yang diresmikan Gubernur Riau Syamsuar.

Direktur Bisnis Regional Sumatera Kalimantan, Wiluyo Kusdwiharto mengungkapkan bahwa PLN menargetkan akan menerangi seluruh desa yang ada di Riau hingga akhir tahun 2020.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Riau, Pemerintah Daerah, TNI/Polri, masyarakat dan pelaksana pekerjaan. Dukungan dan sinergi yang diberikan semakin menambah semangat kami dalam melistriki Riau,” ucap Wiluyo seperti keterangan tertulis yang diterima Suara.com, Selasa (27/10/2020)

Enam desa berlistrik di Kabupaten Kampar yang diresmikan antara lain Desa Sungai Santi, Desa Kota Lama, Desa Kebun Tinggi, Desa Lubuk Bigau, Desa Tanjung Permai, dan Desa Pangkalan Kapas.

Sedangkan 5 desa lainnya berada Kabupaten Inhil yaitu Desa Sepakat Jaya, Desa Kuala Sungai Batang, Desa Bakau Aceh, Desa Bantayan, dan Desa Batang Tumu.

Untuk diketahui, dalam mewujudkan 11 desa berlistrik, PLN menggelontorkan dana sebesar Rp 29,9 Miliar untuk investasi Jaringan Tegangan Menengah sepanjang 59,35 KMS, Jaringan Tegangan Rendah 39,61 KMS dan Gardu Distribusi 19 Unit dengan total daya 1.150 kVA, dengan potensi sambungan listrik baru hampir 1000 pelanggan.

Dengan adanya listrik di 11 desa, maka hingga Oktober 2020 ini Rasio Desa Berlistrik Riau sudah mencapai 99,41 persen dan PLN telah mengaliri listrik 1.848 desa dari total 1.859 desa di Provinsi Riau.

Sehingga kurang 11 desa lagi yang akan dilistriki PLN di tahun 2020 ini.

“Kami sampaikan saat ini terdapat 11 desa lagi yang belum terlistriki, dan menjadi target kami di Desember 2020 ini semua desa di Riau 100 persen terang benderang. Saat ini sudah ada beberapa provinsi di Pulau Sumatera yang sudah 100 persen terang dan menjadi cita-cita kami Riau dapat menyusul,” tambah Wiluyo.

Komentar

Berita Terkait