Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tanaman Hias Tak Tumbuh Maksimal? Mungkin Belum Lakukan Ini

Eko Faizin Senin, 12 Oktober 2020 | 14:06 WIB

Tanaman Hias Tak Tumbuh Maksimal? Mungkin Belum Lakukan Ini
Warga menata tanaman hias di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (3/10). [Suara.com/Oke Atmaja]

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan dalam merawat tanaman hias di rumah.

SuaraRiau.id - Tanaman hias saat ini banyak dipelihara masyarakat. Memiliki tanaman hias tak hanya memberi kesegaran di rumah, tetapi juga dapat mempercantik dekorasi ruangan. Beberapa tanaman hias yang sedang tren adalah tanaman aglaonema dan tanaman monstera atau janda bolong.

Harga-harga tanaman hias pun bervariasi, dari yang terjangkau hingga jutaan rupiah. Hal yang harus diperhatikan adalah merawat tanaman tersebut agar tumbuh subur dan bisa dinikmati keindahannya.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan dalam merawat tanaman hias di rumah. Tips diambil dari akun Twitter resmi Kementerian Pertanian RI, @kementan.

1. Teknik penyiraman
Tumbuh kembang tanaman hias tergantung juga pada ketersediaan air. Cari tahu kebutuhan sesuai jenis dan karateristik tanaman hias. Dengan demikian suplai air untuk tanaman hias terjaga.

Siram tanaman secukupnya, jangan sampai tanah kering dan hindari genangan air pada tanaman. Agar kualitas tanaman hias lebih baik, usahakan selalu sirami hanya dengan air suhu hangat kuku dan hindari penggunaan air dingin atau air keran.

2. Pencahayaan
Cahaya matahari sangat dibutuhkan oleh tanaman hias dalam proses fotosintesis. Pastikan tanaman terkena sinar matahari secara merata.

3. Jenis pupuk
Kebanyakan tanaman hias adalah tanaman dari lingkungan tropis, sehingga membutuhkan jenis tanah khusus yang mengandung kadar organik dan nonorganik tertentu. Pemilihan pupuk juga dibutuhkan. Pupuk terbaik mengandung nutrisi yang dibutuhkan tanaman seperti nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K). Pupuk alami bisa membantu menjaga kualitas tanaman.

4. Kebersihan
Hindari tumpukan sampah di sekitar tanaman dan jangan membuang air bekas seperti soda dan teh serta bahan yang tidak bisa terurai dengan baik.

5. Kasih sayang
Tanaman selalu menyesuaikan dengan kondisi lingkungan tempat tumbuhnya. Jika sudah sesuai tempatnya, usahakan jangan dipindahkan agar perkembangannya terjaga. Sebagai makhluk hidup, tanaman hias juga butuh perhatian dan kasih sayang. Jangan lupa untuk selalu menjaga dan memperhatikan tanaman hias tersebut.

Komentar

Berita Terkait