Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ingin Tanaman Subur Pakai Pupuk Organik Cair? Begini Tips Singkatnya

Eko Faizin Kamis, 01 Oktober 2020 | 18:00 WIB

Ingin Tanaman Subur Pakai Pupuk Organik Cair? Begini Tips Singkatnya
Ilustrasi berkebun. (Shutterstock)

Pemupukan harus diketahui waktu dan cara penggunaan yang tepat.

SuaraRiau.id - Salah satu perawatan yang harus dilakukan saat menanam tanaman adalah pemberian pupuk.

Dalam hal perawatan, penggunaan pupuk organik cair diperlukan agar tanaman tumbuh subur sesuai yang diharapkan. Tak terkecuali tanaman hias.

Berikut ini adalah cara melakukan pemupukan yang baik menggunakan pupuk organik cair, sesuai flayer yang diunggah akun Twitter Kementerian Pertanian RI @kementan.

Pemupukan harus diketahui waktu dan cara penggunaan yang tepat. Ada beberapa tips untuk menggunakan pupuk organik cair, antara lain:

Jenis pupuk organik cair
Pupuk organik cair ada dua jenis yaitu yang mengandung nitrogen untuk pertumbuhan daun. Kedua yang mengandung kalium dan fosfor untuk pertumbuhan buah.

Waktu ideal
Pemyemprotan pupuk organik cair yang ideal adalah pagi sekitar pukul 06.00-09.00 dan sore pukul 16.00-18.00.

Tata cara penyemprotan
Penyemprotan dilakukan merata ke permukaan bawah daun. Dosis biasanya digandakan untuk penyemprotan batang dan akar/tanah.

Penggunaan
Untuk merangsang pertumbuhan daun, pupuk organik cair disemprotkan pada tanaman baru bertunas. Untuk merangsang buah, biji atau umbi, disemprotkan pada saat perubahan fase vegetatif ke generatif.

Interval waktu
Pemyemprotan dilakukan seminggu sekali di musim kering. Sementara penyemprotan dilakukan tiga hari sekali di kala musim hujan.

Komentar

Berita Terkait