Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Besok, Jokowi Resmikan Langsung Tol Pekanbaru-Dumai

Eko Faizin Kamis, 24 September 2020 | 12:21 WIB

Besok, Jokowi Resmikan Langsung Tol Pekanbaru-Dumai
Gerbang Tol Pekanbaru-Dumai. [Dok. Hutama Karya]

Namun mengingat pandemi Covid-19 yang belum mereda, Jokowi akan meresmikan Tol Pekanbaru-Dumai secara virtual.

SuaraRiau.id - Direncanakan besok, Jumat (25/9/2020), jalan tol pertama di Provinsi Riau ini akan diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Hal tersebut sesuai informasi tertulis yang disampaikan PT Hutama Karya (HK) kepada Suara.com, Kamis (24/9/2020).

Namun mengingat pandemi Covid-19 yang belum mereda, Jokowi akan meresmikan Tol Pekanbaru-Dumai secara virtual.

Peresmian ini hanya dihadiri langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Basuki Hadimuljono, Gubernur Riau Syamsuar dan Direktur Utama HK Budi Harto.

Executive Vice President Sekretaris HK, Muhammad Fauzan mengatakan Tol Pekanbaru-Dumai tak hanya akan membuka konektivitas baru dari Pekanbaru ke Dumai, namun nantinya juga akan mendongkrak perekonomian daerah setempat.

“Tol Pekanbaru-Dumai akan menghubungkan berbagai kawasan produktif, sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi, memangkas jarak tempuh, biaya logistik dan tentunya menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di Sumatera,” ungkap Fauzan.

Lebih lanjut, Fauzan menyampaikan bahwa untuk mendukung terealisasinya manfaat yang dihadirkan tol tersebut, HK telah melakukan berbagai persiapan agar pengoperasiannya dapat segera dilakukan, salah satunya yakni Uji Laik Fungsi (ULF).

Pembukaan rute ini dinilai dapat merangsang pergerakan barang dan membantu para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), sebab melalui pelabuhan ini dapat mempermudah pergerakan area kendaraan pribadi dan kendaraan komersial lainnya.

Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km terdiri dari 6 seksi tol yaitu seksi 1 (Pekanbaru-Minas) sepanjang 9,5 km, seksi 2 (Minas-Kandis Selatan) sepanjang 24,1 km.

Seksi 3 (Kandis Selatan-Kandis Utara) sepanjang 16,9 km, seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan) sepanjang
26,5 km, seksi 5 (Duri Selatan-Duri Utara) sepanjang 29,45 KM dan seksi 6 (Duri Utara-Dumai) sepanjang 25,05 km.

Tol ini juga akan dilengkapi oleh 7 Gerbang Tol dan 5 pasang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area.

Komentar

Berita Terkait