facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Penjelasan BMKG Terkait Munculnya Fenomena seperti Kabut Asap di Pekanbaru

Eko Faizin Jum'at, 10 Juni 2022 | 13:25 WIB

Penjelasan BMKG Terkait Munculnya Fenomena seperti Kabut Asap di Pekanbaru
Tangkapan laya video fenomena seperti kabut asap di Pekanbaru. [Facebook/Widi Arso]

Ia menjelaskan bahwa belum bisa memastikan secara detail karena tidak ada data visibility kelembapan di lokasi kejadian.

SuaraRiau.id - Fenomena seperti kabut asap menimbulkan berkurangnya jarak pandang di kota Pekanbaru, Jumat (10/6/2022) pagi.

Di kawasan perkotaan itu, jarak pandang tampak terbatas yang diduga merupakan imbas dari kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan (karhutla).

Forecaster on Duty BMKG Pekanbaru, Sanya Gautami mengatakan bahwa pihaknya justru tidak mendeteksi adanya kabut tersebut.

"Mohon maaf di catatan observasi kami hari ini tidak terdeteksi adanya kabut, visibility pagi hari 7-8 KM," kata Sanya, Jumat (10/6/2022).

Dari tayangan video yang beredar lewat akun media sosial Facebook memperlihatkan fenomena berkurangnya jarak pandang tersebut di kawasan Jembatan Siak IV Pekanbaru.

Warganet Pekanbaru lewat akun media sosialnya, merekam peristiwa diduga kabut asap tersebut.

Dari tayangan video itu, Sanya Gautami menyebut bahwa tampaknya gambar tersebut tidak begitu jelas memperlihatkan fenomena kabut asap. Ia memastikan itu bukanlah fenomena kabut asap.

"Itu bukan kabut asap, melainkan berkurangnya jarak pandang akibat adanya partikel basah dan kering yang mengambang di permukaan. Bisa jadi mist ataupun fog," ungkap Sanya Gautami.

Ia menjelaskan bahwa belum bisa memastikan secara detail karena tidak ada data visibility kelembapan di lokasi kejadian.

"Fenomena ini ditandai dengan akan membaiknya jarak pandang seiring terbitnya matahari," jelasnya.

Di samping itu, Sanya juga menjelaskan informasi titik panas atau hotspot hari ini. Di Riau, hostpot cuma terpantau satu titik yaitu di Kabupaten Indragiri Hulu.

Info hotspot secara total di Sumatera terdapat 13 titik. Rinciannya, di Aceh 3 titik, Sumatera Utara 4 titik, Jambi 3 titik, Sumatera Selatan 3 titik, Lampung 2 titik dan Riau 1 titik.

Diketahui, sebelumnya penampakan kabut asap juga terjadi pada Kamis (8/6/2022) pagi terlihat dalam rekaman video di akun Instagram pkucity. Video itu menunjukkan Jalan Air Hitam Pekanbaru dari kejauhan terlihat seperti kabut asap.

Kontributor : Panji Ahmad Syuhada

Komentar

Berita Terkait