facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ramai Info sang Anak Kabarkan Tukul Arwana Meninggal Dunia, Ini Faktanya

Eko Faizin Selasa, 10 Mei 2022 | 10:53 WIB

Ramai Info sang Anak Kabarkan Tukul Arwana Meninggal Dunia, Ini Faktanya
Potret kedekatan Tukul Arwana dan Ega Prayudi. (Instagram/eghaprayudi)

Adapun narasi tersebut berbunyi : Selamat Jalan Ayah, Selamat Jalan Mas Tukul Arwana.

SuaraRiau.id - Kabar komedian Tukul Arwana meninggal dunia viral di media sosial. Berita tersebut bersumber dari kanal YouTube Artis Indo Hits Update.

Berdasarkan humbnail unggahan YouTube itu, tertulis nama anak Tukul Arwana, Ega Prayudi mengucap selamat jalan. Adapun narasi tersebut berbunyi : Selamat Jalan Ayah, Selamat Jalan Mas Tukul Arwana.

Penjelasan:
Dari penelusuran Turnbackhoax.id--jaringan Suara.com, narasi dan gambar thumbnail YouTube tersebut rupanya menyampaikan informasi yang kurang tepat.

Hoaks Tukul Arwana meninggal dunia.
Hoaks Tukul Arwana meninggal dunia.

Walaupun memasang foto Tukul Arwana sebagai thumbnail, serta menampilkan potret orang-orang yang menangis dalam suasana duka, isi dari video tersebut tidak sesuai dengan judul.

Terlebih, kata Innalillahi wa inna ilaihirojiun yang disandingkan dengan foto Tukul Arwana yang terbaring sakit membuat opini publik tergiring ke informasi palsu.

Faktanya, judul artikel, foto, dan narasi tersebut merupakan hasil editan. Berdasarkan penelusuran, judul dan thumbnail dari video tersebut tidaklah berkaitan dengan isi video. Tidak disebutkan bahwa Tukul Arwana telah meninggal dunia.

Isi dari video hanya menjelaskan riwayat sakit yang diderita Tukul Arwana serta ucapan doa dari keluarga dan rekan untuk kesembuhan Tukul. Bahkan, saat ini kondisi komedian tersebut sudah membaik menurut para rekan terdekatnya.

Dilansir dari beberapa media massa, kondisi Tukul Arwana saat ini sudah berangsur membaik dan bisa mengangkat tangannya. Hingga kini Tukul Arwana juga masih menjalani pengobatan fisioterapi. Kondisi terkini Tukul Arwana itu diungkap Vega Darwanti dan suaminya, Dema Sany Sanjaya.

Kesimpulan:
Berdasarkan penelusuran tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa narasi yang disebarkan keliru. Informasi ini juga bisa dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan alias hoax.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar

Berita Terkait