Satu Warga Pekanbaru Kena Omicron, Dinas Kesehatan Riau: Masyarakat Jangan Panik

Salah seorang warga Pekanbaru yang terdeteksi terkonfirmasi Omicron itu sebelumnya telah di-swab.

Eko Faizin
Minggu, 30 Januari 2022 | 11:12 WIB
Satu Warga Pekanbaru Kena Omicron, Dinas Kesehatan Riau: Masyarakat Jangan Panik
Seperti yang diketahui, Posko PPKM mikro disiapkan dekat Pasar Sukaramai, Kota Pekanbaru. [Foto: Riauonline]

SuaraRiau.id - Varian Omicron sudah terdeteksi masuk Riau dari seorang warga Pekanbaru dengan inisial Em yang baru saja melakukan perjalanan dari Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Untuk itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Riau Masrul Kasmy meminta agar masyarakat tidak panik meski varian baru Covid-19 Omicron sudah terdeteksi di wilayahnya.

"Tentu untuk memutus mata rantai penyebarannya kita lakukan tracing dan testing. Kita belum tau persis di mana tinggalnya dan kita serahkan Pemkot untuk melacaknya. Masyarakat jangan panik atas temuan ini, yang terpenting sama-sama menjaga protokol kesehatan," kata Masrul Kasmy dikutip dari Antara, Minggu (30/1/2022).

Setelah dilakukan pelacakan terhadap warga Pekanbaru tersebut, selanjutnya dilakukan penelusuran dan testing bagi setiap orang yang berada dekat dengan pasien tersebut.

Diketahui, virus Omicron sudah memasuki Kota Pekanbaru, melalui seseorang dengan inisial Em yang baru melakukan perjalanan dari Kota Batam.

Salah seorang warga Pekanbaru yang terdeteksi terkonfirmasi Omicron itu sebelumnya telah di-swab dan hasil pemeriksaan laboratorium di Batam pada Sabtu (29/1/2022) terkonfirmasi positif.

"Ya ada seorang warga Riau, ber-KTP Pekanbaru terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron. Warga Pekanbaru ini pemeriksaannya di Batam, dan sekarang sudah di Pekanbaru," katanya.

Dinas Kesehatan Provinsi Riau juga telah menerima surat dari Batam dan diteruskan ke Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

"Untuk itulah kita minta Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru untuk melacak keberadaan warga Pekanbaru yang terdeteksi Omicron," tegas dia. (Antara)

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

News

Terkini