alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sukmawati Pindah Agama Hindu, Publik Malah Bilang Begini

Eko Faizin Minggu, 24 Oktober 2021 | 15:10 WIB

Sukmawati Pindah Agama Hindu, Publik Malah Bilang Begini
Sukmawati Soekarnoputri, putri mendiang Presiden pertama RI Soekarno, menemui Ketua Majelis Ulama Indonesia Ma'ruf Amin di gedung MUI, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta, Kamis (5/4).

Dikatakan Arya, Sukmawati pindah agama merupakan keputusan sakral yang harus dipikirkan matang-matang.

SuaraRiau.id - Sukmawati Soekarnoputri pindah agama dari Islam ke Hindu. Ia pun dikabarkan bakal menjalani ritual di Singaraja, Bali, Selasa 26 Oktober 2021 mendatang.

Sebelum mantap pindah agama ke Hindu, Sukmawati juga dikabarkan telah mempelajari dan mendalami ajaran barunya sejak puluhan tahun lalu.

Menurut Kepala Soekarno Center, Arya Wedakarna, perkenalan Sukmawati dengan Hindu sudah dimulai sejak beberapa tahun terakhir.

Arya mengungkapkan bahwa selain sering datang ke pura dan membaca kitab suci Hindu, dia juga kerap sembahyang menggunakan cara-cara Hindu.

“Beliau ini suka dengan Hindu dan Bali. Selalu meminta datang ke pura, udah puluhan tahun ini suka membaca kita suci Hindu. Dia juga suka berdiskusi dengan para biksu, para pendeta-pendeta, pemangku kami,” ujar Arya Wedakarna dikutip Hops.id--jaringan Suara.com, Minggu (24/10/2021).

“Beliau juga sehari-hari sembahyangnya menggunakan sarana Hindu. Mungkin 2021 baru beliau mendapatkan petunjuk spiritual untuk bisa masuk ke agama Hindu,” sambung dia.

Arya juga menyebut bahwa sebelum benar-benar pindah ke Hindu, dirinya berkali-kali bertanya ke Sukmawati mengenai keyakinannya.

Dikatakan Arya, Sukmawati pindah agama merupakan keputusan sakral yang harus dipikirkan matang-matang.

“Saya juga sempat tanyakan, apakah ibu sudah mantap? Apakah sudah persetujuan keluarga, dan beliau sudah siap, mantap, dan saya diminta untuk menyiapkan semua acara,” tuturnya.

Namun, sejauh ini, Sukmawati telah mendapat restu dari keluarga terdekatnya, yakni Megawati Soekarnoputri, Muhammad Guntur Soekarnoputra, Muhammad Guruh Irianto Soekarnoputra, dan ketiga anaknya.

“Putra-putri beliau menyetujui, mengikhlaskan, dan legowo ibundanya pindah ke Hindu,” tegasnya.

Menariknya, banyak warganet bertanya-tanya, mengapa baru sekarang Sukmawati menyatakan diri sebagai penganut Hindu? Padahal, secara ritual keagamaan, dia telah menganut kepercayaan tersebut sejak lama.

Itulah mengapa, banyak kemudian yang menduga, Sukmawati sebenarnya bukan pindah agama dari Islam ke Hindu, melainkan telah menjadi penganut kepercayaan tersebut sejak jauh-jauh hari.

“Dia bukan pindah agama, tapi memang Hindu agamanya,” tulis warganet.

“Emang dari dulu Hindu kan? Islam cuma di KTP aja, enggak paham sama sekali soal Islam,” komentar yang lain.

“Bukannya dari dulu dia penganut Hindu?” kata seorang netizen.

Komentar

Berita Terkait