alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kisah Anak Kampung dari Kuansing yang Raih Beasiswa ke Rusia

Suhardiman Selasa, 31 Agustus 2021 | 12:41 WIB

Kisah Anak Kampung dari Kuansing yang Raih Beasiswa ke Rusia
Mahasiswa asal Kuansing, Muhammad Azizan Alghifari yang meriah beasiswa ke Rusia. [ist/dok pribadi]

Menempuh studi di luar negeri lewat jalur beasiswa memang menjadi impian baginya sejak kecil.

SuaraRiau.id - Namanya Muhammad Azizan Alghifar (20). Remaja dari Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, ini mendapat beasiswa dari Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Rusia (PKR) untuk melanjutkan studi ke Universitas di Negara Rusia.

Menempuh studi di luar negeri lewat jalur beasiswa memang menjadi impian baginya sejak kecil. Pria yang akrab disapa Azis ini menjalani studi strata I di Jurusan Nuklir Nasional Universitas Moscow Teknik Fisika Institut (MEPhI).

Untuk mendapatkan beasiswa itu, Aziz telah mempersiapkannya sejak duduk di bangku sekolah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Teluk Kuantan. Selain Aziz, ada 161 pelajar seluruh indonesia yang lulus seleksi pada tahun 2020.

Rusia menjadi salah satu negara yang menawarkan beasiswa kepada mahasiswa asal Indonesia. Rata-rata universitas di Rusia mensyaratkan mahasiswanya untuk menguasai bahasa Rusia dan Inggris.

Baca Juga: Jokowi Minta Pelajar Tetap Disiplin Prokes saat Pembelajaran Tatap Muka

Anak dari pasangan Hendri dan Nita Kurnia ini telah mengikuti sekolah persiapan, yaitu sekolah bahasa selama satu tahun untuk masuk ke universitas di Rusia tersebut.

"Saya sudah mendapat balasan email untuk pergi ke Rusia menuntut ilmu secara kuliah normal, kalau tidak ada halangan sudah dikonfirmasi pertengahan bulan September ini," kata Azis, Selasa (30/8/2021).

Azis telah berabung di Universitas impiannya sejak setahun belakangan ini. Namun karena pandemi Covid-19, Aziz mengikuti kuliah melalui daring. Pada pertengahan September 2021, dijadwalkan Azis akan berangkat ke negeri beruang putih itu.

Ia menceritakan bagaimana mendapat beasiswa tersebut. Awalnya Aziz mencoba mendaftar beasiswa yang tersedia di website kampus.

Aziz juga lulus di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk jurusan teknik perkapalan. Namun ia memilih untuk berangkat melanjutkan studi ke luar negeri.

Baca Juga: Gubernur Ganjar Sebut Pelaksanaan PTM di Jateng Sudah Baik

"Setelah satu hari kelulusan itu (ITS), saya juga mendapatkan balasan email dan diterima melalui jalur beasiswa di Universitas Teknik Nuklir. Tanpa ragu saya langsung putuskan tekad saya untuk berangkat kuliah di sana," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait