alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Diduga Kelaparan, Orangutan Masuk Kawasan Wisata Bukit Selancang

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Sabtu, 03 Juli 2021 | 16:08 WIB

Diduga Kelaparan, Orangutan Masuk Kawasan Wisata Bukit Selancang
Ilustrasi Orangutan. Diduga Kelaparan, Orangutan Masuk Wisata Bukit Selancang. (Shutterstock)

Seekor Orangutan dilaporkan memasuki kawasan wisata Bukit Selancang, Desa Aur Cina, Idragiri Hulu. Primata langka dan dilindungi bernama Rocky itu diduga mencari makan.

SuaraRiau.id - Seekor Orangutan dilaporkan memasuki kawasan wisata Bukit Selancang, Desa Aur Cina, Idragiri Hulu. Primata langka dan dilindungi bernama Rocky itu diduga mencari makan.

Kepala Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT), Fifin Arfiana Jogasara mengatakan, Orangutan dilaporkan warga memasuki kawasan wisata untuk mencari makanan. Warga sempat heboh, lantaran satwa tersebut berbadan besar.

 “Masyarakat di sana khawatir dengan satwa tersebut karena berbadan besar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, masyarakat setempat melaporkan kepada pihak berwenang untuk dilakukan mitigasi,” jelasnya dikutip dari riauonline.co.id --jejaring suara.com, Sabtu (3/7/2021).

Berdasar hasil identifikasi, lanjut dia, Orangutan jantan itu adalah Rocky berusia 19 tahun. Rocky merupakan hasil rehabilitasi yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Baca Juga: Dipasok dari Sumbar, Pengedar Ganja di Inhu Dibekuk Polisi

“Sebelumnya Rocky ini dipelihara manusia, sehingga sifat alaminya berkurang, setelah jalani rehabilitasi, Orangutan ini dilepasliarkan di TNBT pada 16 Juni 2021 lalu, di daerah Bukit Sabun, Dusun Talang Tanjung,” sambungnya.

Fifin menambahkan, hingga kemarin pukul 18.35 waktu setempat, tim gabungan dari Balai TNBT, kepolisian, serta pemerintah setempat masih mencari keberadaan Rocky yang semula berada di Bukit Selancang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait