alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mau Coba Es Laksmana Mengamuk Khas Melayu Riau? Ini Dia Resepnya

Eko Faizin Rabu, 14 April 2021 | 17:04 WIB

Mau Coba Es Laksmana Mengamuk Khas Melayu Riau? Ini Dia Resepnya
Es Laksmana Mengamuk asal Riau.[Suara.com/Panji Ahmad Syuhada]

Minuman dingin khas Bumi Lancang Kuning ini ternyata mudah dibuat dan tak segarang namanya.

SuaraRiau.id - Minuman khas dari Riau ini memiliki nama yang cukup menyeramkan. Namun siapa sangka, rasa minuman yang satu ini rupanya sangat lezat, apalagi sebagai menu berbuka puasa.

Minuman dingin khas Bumi Lancang Kuning ini ternyata mudah dibuat dan tak segarang namanya. Es Laksamana Mengamuk dibuat dari bahan utama mangga, kelapa muda, selasih dan santan.

Usahawan kuliner dari Duri, Riau, Annisa membagikan tips dan cara pembuatannya. Cukup sediakan bahan-bahan yang diperlukan, maka Es Laksmana Mengamuk siap dihidangkan untuk berbuka puasa. Berikut cara pembuatannya :

Bahan-bahan:
- 2 buah mangga kuini, kupas dan potong dadu
- 1 buah kelapa muda, ambil dagingnya
- 1 sdm selasih, rendam dengan air panas secukupnya
- es batu secukupnya
- 200 gr gula pasir
- 200 ml air
- 1/2 sdt vanili bubuk

Bahan Kuah:
- Kelapa muda
- 700 ml santan cair
- 1/2 sdt garam
- 1 sdt gula
- 2 lembar daun pandan

Adapun cara pembuatannya, mula-mula masak santan terlebih dahulu hingga hangat. Kemudian masukan semua bahan pembuatan kuahnya dan masak sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah. Jika sudah panas maka matikan.

Kemudian campurkan semua bahan isian dan tuang kuah secukupnya ke dalam sebuah wadah. Dan terakhir tambahkan es batu secukupnya di atas.

Es laksamana mengamuk siap disajikan dan dinikmati dingin dan segar untuk berbuka puasa.

Namun siapa sangka, dari namanya memang cukup unik ini, ada cerita rakyat yang diduga jadi asal mula nama es yang legendaris ini.

Annisa, pemilik usaha makanan dan minuman yang merupakan warga Melayu asli Riau ini bercerita, bahwa makna nama es ini berasal dari sebuah cerita rakyat.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Komentar

Berita Terkait