alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Limbah PDAM Siak Sudah Disedot dari Parit, Tapi Dibuang Lagi ke Kebun Sawit

Eko Faizin Selasa, 02 Maret 2021 | 16:35 WIB

Limbah PDAM Siak Sudah Disedot dari Parit, Tapi Dibuang Lagi ke Kebun Sawit
Penampakan Parit tempat pengaliran limbah PDAM yang sudah dibersihkan namun limbahnya masih dibuang Ke kebun milik Irhamsyah Purba.

Ditambahkan Amir, saat ini pihaknya sedang membuat kolam penampungan limbah agar apa yang dikeluhkan warga bisa segera diselesaikan.

SuaraRiau.id - Kabupaten Siak dihebohkan dengan keberadaan limbah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang dikelola oleh Dinas PU Tarukim Siak.

Limbah tersebut menyebabkan warga atas nama Irhamsyah Purba merugi selama 6 tahun sebab hasil panen kelapa sawit miliknya terjun bebas.

Pasca didatangi Ketua DPRD Siak Azmi dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Siak, limbah lumpur yang tadinya memenuhi parit dan meluap ke kebun warga sudah disedot dan dibersihkan.

Namun sayang, limbah itu bukan dibuang jauh dari lahan warga yang dirugikan tersebut, malah ditumpuk dan semua limbahnya dibuang ke kebun sawit milik Irhamsyah Purba itu.

"Memang di parit itu sudah tak penuh dan bersih tapi herannya kok limbah itu malah dibuang ke kebun saya," ungkap Irhamsyah Purba kepada SuaraRiau.id, Selasa (2/3/2021).

Padahal, kata Irhamsyah Purba, yang paling dikeluhkan pihaknya adalah limbah PDAM itu melimpah ke kebun miliknya sehingga hasil kebunnya itu sudah turun drastis.

"Yang saya keluhkan limbah PDAM itu ke kebun saya, eh kok dibersihkan limbah di paritnya itu malah dibuang ke kebun saya pulak lagi, kan makin parah jadinya," kata Irhamsyah Purba kesal.

Sementara itu, Kepala Seksi SPAM Air Bersih Dinas PU Tarukim Kabupaten Siak, Amir Faizal mengatakan bahwa itu hanya sementara sembari mereka membuat kolam untuk penampungan pembuangan limbah tersebut.

"Itu kami tumpuk sementara saja nanti kami bersihkan lagi dan kami angkut menggunakan alat berat lagi," kata Amir Faizal menjawab SuaraRiau.id, Selasa (2/3/2021) melalui telepon seluler.

Ditambahkan Amir, saat ini pihaknya sedang membuat kolam penampungan limbah agar apa yang dikeluhkan warga bisa segera diselesaikan.

Komentar

Berita Terkait