alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

2.474 Nakes & Tokoh Riau Divaksin Covid-19, Belum Ada Laporan Efek Samping

Eko Faizin Selasa, 26 Januari 2021 | 15:25 WIB

2.474 Nakes & Tokoh Riau Divaksin Covid-19, Belum Ada Laporan Efek Samping
Danrem 031/Wirabima, Brigjen TNI Syech Ismet saat divaksinasi oleh petugas kesehatan di RSUD Arifin Ahmad, Pekanbaru. [Suara.com/Panji Ahmad Syuhada]

bahwa hingga kini pelaksanaan vaksin berjalan lancar dan belum ada laporan mengenai efek samping.

SuaraRiau.id - Program vaksinasi Covid-19 di Riau sedang berjalan. Sebanyak 2.474 tenaga kesehatan (nakes) dan tokoh masyarakat, agama dan pejabat publik telah disuntik vaksin Covid-19.

Disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir bahwa hingga kini pelaksanaan vaksin berjalan lancar dan belum ada laporan mengenai efek samping dari pemberian vaksin CoronaVac buatan Sinovac, China yang bekerja sama dengan Biofarma.

"Hingga data terakhir pada Minggu (24/1) sudah 2.474 orang yang divaksin, yakni dari kelompok nakes dan tokoh di Riau," ungkap Mimi dikutip dari Antara, Selasa (26/1/2021).

Dari 2.474 orang yang divaksin, lanjutnya, berasal dari tiga kabupaten/kota yang merupakan daerah distribusi vaksin tahap pertama sebanyak 15.188 dosis/vial. Realisasi vaksinasi di Kota Pekanbaru mencapai 1.014 orang, Kabupaten Pelalawan 599 orang, dan Kabupaten Kampar 861 orang.

Menurut dia, masih ada tenaga kesehatan yang ditunda vaksinasinya. Selain itu, ada juga yang batal divaksin karena gangguan kesehatan atau ada komorbid. Dengan begitu, realisasi vaksinasi baru mencapai sekitar 16,3 persen dari jumlah distribusi vaksin tahap pertama.

"Ada 1.666 nakes yang tidak divaksinasi dari tiga kabupaten/kota itu," ujarnya.

Mimi menjelaskan penyebab ribuan nakes yang tidak divaksin tersebut berdasarkan kategori, yakni ditunda vaksinasi sebanyak 1.372 orang, tidak divaksin akibat komorbid 550 orang, dan alasan lain 567 orang.

Dijelaskan Mimi, pihaknya masih terus berkoordinasi dengan kabupaten/kota yang telah menerima vaksin, dan masih ada tiga daerah lagi yang belum memberikan data vaksinasi, yakni Siak, Bengkalis dan Kuantan Singingi.

Secara keseluruhan Pemerintah Provinsi Riau sudah menerima 69.480 dosis vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada tahun ini. (Antara)

Komentar

Berita Terkait