alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kreatif, Warga Bengkalis Olah Biji Getah Karet Jadi Produk Pangan Unggulan

Muhammad Yunus Minggu, 24 Januari 2021 | 16:53 WIB

Kreatif, Warga Bengkalis Olah Biji Getah Karet Jadi Produk Pangan Unggulan
Dewi Melinda warga Desa Berancah, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis mengolah biji getah menjadi olahan makanan / [Foto Istimewa]

Biji getah karet bisa diolah jadi beragam olahan pangan

SuaraRiau.id - Berkat kerja keras dan ketekunan, biji getah karet bisa diolah jadi beragam olahan pangan oleh Dewi Melinda, warga Kabupaten Bengkalis.

Dewi yang tinggal menetap di Desa Berancah, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis ini memanfaatkan biji-biji getah tersebut menjadi beragam makanan.

Seperti keripik biji getah, biskuit biji getah, brownis biji getah, bolu biji getah, stik biji getah, biskuit gadung, dan keripik gadung.

Produknya tersebut masuk sepuluh produk top brand atau produk unggulan di Kabupaten Bengkalis.

Baca Juga: 11 Tempat Wisata Menarik di Kabupaten Bengkalis, Perlu Anda Kunjungi

Berdasarkan hasil penilaian dari Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Diskop UMKM). Tak hanya itu, karya Dewi Melinda ini juga telah mendapat hak paten dari instansi terkait.

"Alhamdulillah, ini tentu tak lepas dari dukungan dan dorongan dari keluarga dan masyarakat serta berbagai pihak,” ungkap Dewi Melinda, Minggu (24/1/2021).

Awalnya, Dewi melihat bahwa peluang tersebut sangat menjanjikan. Sehingga dirinya dengan yakin berusaha membuat olahan makanan dengan bahan baku tersebut.

Informasi mengenai penganan biji getah tersebut masuk produk top brand, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Koperasi UMKM Bengkalis pun langsung menyambangi kediaman Dewi di Bengkalis untuk menyaksikan langsung dari dekat bagaimana terus mengolah biji getah.

Lebih lanjut, setelah mendapatkan hak paten dan ditetapkan sebagai produk top brand, semakin memicu Dewi untuk berinovasi membuat variasi panganan lain berbahan baku biji getah ini.

Baca Juga: Daya Beli Merosot Saat Pandemi, Ribuan Warteg se-Jabodetabek Siap Tutup

Keteguhan hati Dewi mengolah produk biji getah ini ternyata juga mengundang berbagai instansi terkait untuk lebih peduli, seperti mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait