alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

11 Tempat Wisata Menarik di Kabupaten Bengkalis, Perlu Anda Kunjungi

Muhammad Yunus Minggu, 24 Januari 2021 | 11:33 WIB

11 Tempat Wisata Menarik di Kabupaten Bengkalis, Perlu Anda Kunjungi
Tugu I Love Bengkalis yang berada di taman Andam Dewi, Bengkalis / [Foto SuaraRiau.id / Panji Ahmad Syuhada]

Bengkalis berada di lokasi yang sangat strategis, karena dilalui oleh jalur perkapalan internasional menuju Selat Malaka

SuaraRiau.id - Mengulik tempat-tempat wisata di Riau seakan tiada habisnya. Seperti di Kabupaten Bengkalis, terdapat destinasi wisata yang menarik jika anda berkunjung ke sana.

Bengkalis berada di lokasi yang sangat strategis, karena dilalui oleh jalur perkapalan internasional menuju ke Selat Malaka.

Namun, selain itu kabupaten ini juga memiliki banyak objek wisata yang menjadikannya salah satu tujuan liburan.

Tiada salahnya jika Bengkalis dijadikan salah satu destinasi tujuan wisata liburan anda bersama karib maupun keluarga. Sebab daerah ini memiliki potensi wisata alam yang tak kalah menawan.

Baca Juga: Ditetapkan Jadi Bupati, Ini Pesan Kasmarni untuk Warga Bengkalis

Dari segi sejarah dan budaya, Bengkalis juga menjadi salah satu barometer peradaban Melayu di Riau.

Nah kali ini SuaraRiau.id merangkum beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi jika memilih waktu berlibur ke Bengkalis :

1. Pantai Selat Baru

Pantai Selat Baru adalah salah satu wisata di Bengkalis yang menawarkan pantai yang eksotik. Tentunya tempat wisata ini sangat cocok untuk menikmati pemandangan pantai serta berjemur di atas terik panasnya matahari.

Pantai ini memiliki pesona yang indah serta pemandangan yang unik dan akan sangat cocok untuk fotografi.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Diagendakan Kunjungi Kepri Besok, Ada Apa?

Bahkan kamu juga akan menemukan ayunan kayu yang dibuat persis di atas air laut yang memungkinkan pengambilan gambar menjadi terlihat lebih nyata dan mampu mengecoh seakan-akan kamu sedang berada di pantai yang ada di Bali.

Pantai Selat Baru Bengkalis ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan. Ini bisa jadi pilihan yang tepat jika anda mengunjungi Bengkalis.


2. Telaga Suri Perdana

Telaga Suri Perdana merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Bengkalis berupa danau. Meskipun Telaga Suri Perdana merupakan sebuah danau buatan, namun tempat wisata di daerah ini mampu menyedot banyak perhatian pengunjung.

Objek wisata ini juga menawarkan spot foto yang bagus dan sangat estestis.

Telaga ini terletak di desa Sungai Pakning kecamatan Bukit Batu. Tempat wisata ini memberikan pelayanan rekreasi alam yang cocok untuk pembelajaran tentang alam.

Air danaunya pun berwarna jernih kehijauan, serta pulau kecil di tengah danau juga akan membuat banyak orang terpana ketika melihatnya.

Fasilitas yang lengkap menjadikan Telaga Suri Perdana menjadi destinasi favorit oleh banyak orang.

Hamparan pasir dan tampak pohon rindang yang berada di kawasan pantai Selat Baru / [Foto SuaraRiau.id / Dok Panji Ahmad Syuhada]
Hamparan pasir dan tampak pohon rindang yang berada di kawasan pantai Selat Baru / [Foto SuaraRiau.id / Dok Panji Ahmad Syuhada]

3. Taman Andam Dewi

Destinasi wisata ini adalah di pinggir laut. Taman Andam Dewi menawarkan keindahan berbagai jenis tanaman hias yang mampu menghadirkan nuansa romantis.

Bisa dipastikan jika Taman Andam Dewi merupakan taman terindah yang ada di Bengkalis. Taman ini juga berada tidak jauh dari Hotel Pantai Marina yang jaraknya sekitar 80 meter.

Taman ini juga memilki atraksi air mancur yang mempesona serta efek lampu warna-warni yang akan menampilkan tontonan sangat indah di waktu malam hari. Di taman ini juga kalian bisa berfoto dengan latar belakang bertuliskan “I Love Kota Bengkalis".

Kawasan ini cocok jadi tempat nongkrong sekaligus menikmati semilir angin lantai yang berhembus di bibir pulau Bengkalis.

4. Hutan Lindung Bukit Batu

Tempat wisata satu ini cocok bagi anda yang memiliki jiwa petualang. Sebab Hutan Lindung Bukit Batu menawarkan petualangan perjalanan wisata alam yang bernuansa rimba belantara. Hutan ini adalah kawasan cagar alam yang juga menyimpan pesona dari lingkungan hijau yang asri serta ciri khas biosfer dari Pulau Sumatera.

Di cagar alam ini, para pengunjung bisa belajar banyak dari mengamati berbagai jenis tumbuhan endemik serta hewan yang hidup di lingkungan hutan tersebut.

Namun untuk mencapai lokasi ini mesti dibutuhkan semangat ekstra yang membahana. Sebab jaraknya juga lumayan jauh dari jalur lintasan umum.

5. Masjid Agung Istiqomah

Di Bengkalis juga terdapat lokasi wisata religi. Masjid Agung Istiqomah juga menjadi salah satu ikon Bengkalis.

Tempat wisata ini juga menawarkan pemandangan dan pengetahuan mengenai peradaban agama dan budaya di tanah Bengkalis

Masjid ini tidak hanya dipakai untuk ibadah, namun dijadikan destinasi wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Masjid Agung Istiqomah memilki kemegahan di bangunannya yang mampu membuat banyak orang dari luar terpukau.

6. Lapangan Pasir Bengkalis

Lapangan Pasir Bengkalis menawarkan pesona laut yang indah dan pasir yang dapat berkilau dilihat dari jarak dekat. Bahkan sering dijumpai banyaknya anak muda yang nongkrong di pinggir laut.

Jadi bisa dikatakan bahwa Lapangan Pasir Bengkalis merupakan tempat berkumpulnya para anak-anak muda di daerah sekitar.

Destinasi wisata ini juga menyuguhkan pusat kuliner yang memiliki vibe yang nyaman. Di pantai ini para pengunjung bisa menikmati udara sejuk yang berhembus dari angin di laut sembari bercakap-cakap dengan teman ataupun keluarga.

Kawasan pantai yang indah berada di lingkungan Taman Andam Dewi Bengkalis / [Foto SuaraRiau.id / Dok Panji Ahmad Syuhada]
Kawasan pantai yang indah berada di lingkungan Taman Andam Dewi Bengkalis / [Foto SuaraRiau.id / Dok Panji Ahmad Syuhada]

7. Pantai Tenggayun

Wisata bahari seakan tiada habisnya, di Bengkalis ada Pantai Tenggayun yang memiliki keunikan tersendiri untuk dijadikan destinasi tempat wisata. Para pengunjung yang mengunjungi Pantai Tenggayun bisa berbelanja di sepanjang bibir pantai karena di pantai ini akan ada banyak pedagang yang menjual berbagai macam jenis kebutuhan, seperti makanan dan aksesoris.

Pantai ini dekat dengan wisata dari Pakning dimana sering dijumpai para nelayan yang seringkali menurunkan hasil panen ikan mereka. Jadi pengunjung bisa membeli ikan dan makanan laut yang segar dengan kualitas terbaik disini.

8. Taman Laut Prapat Tunggal

Taman Laut Prapat Tunggal dapat dijadikan tujuan utama yang layak untuk direkomendasikan bagi para pengunjung penikmat senja. Adanya pemandangan sunset dengan siluet bangunan yang memilki bayangan langit biru mampu menjadikan tempat ini sebagai destinasi favorit.

Biasanya ketika sore hari saat matahari mulai turun akan ada banyak orang yang ramai menunggu momen indah sunset sambil menikmati gelombang laut.

Taman Laut Prapat Tunggal ini terletak di Desa Meskom, sebelah utara kota Bengkalis. Bahkan taman laut ini dapat dinikmati secara gratis dan sering dipakai untuk foto prewedding karena panorama senja yang sangat bagus.

9. Mangrove Sebauk

Objek wisata ini memiliki tujuan untuk pelestarian lingkungan pesisir pulau. Terletak di Desa Sebauk, hutan mangrove yang ada di Bengkalis ini dikelola untuk rekreasi pendidikan.

Dan pengunjung pun bisa melihat secara langsung hijaunya hutan bakau, serta ikan-ikan yang besar di kawasan rawa. Disini juga menyediakan jembatan yang melintang di atas pohon mangrove sehingga pengunjung bisa berfoto di dekat jembatan.

Tugu nama Pantai Selat Baru di Bengkalis yang memiliki pesona pantai yang sangat menawan / [Foto SuaraRiau.id / Dok Panji Ahmad Syuhada]
Tugu nama Pantai Selat Baru di Bengkalis yang memiliki pesona pantai yang sangat menawan / [Foto SuaraRiau.id / Dok Panji Ahmad Syuhada]

10. Pantai Sepahat

Pantai Sepahat memilki ciri khas dengan pasir hitamnya yang pekat dan cenderung tidak seramai dengan objek wisata lainnya. Untuk pengunjung yang tidak terlalu suka dengan keramaian dan senang menyendiri mungkin bisa menjadi destinasi wisata favorit. Panorama pasir hitam serta laut yang kecoklatan di pantai ini mampu memikat pengunjungnya.

11. Pantai Bestari

Pantai Bestari merupakan tempat wisata yang ada di Bengkalis yang tak kalah dalam memanjakan pengunjung. Lokasinya terletak di dusun Pasir Putih, Desa Puteri Sembilan. Pantai Bestari menonjolkan photo both dan wahana baru yang lucu sehingga tempat wisata ini bisa menjadi terkenal seperti ini. Bisa disimpulkan bahwa pantai ini sangat cocok untuk pengunjung yang senang mencari bahan update untuk konten instagram.

Jadi jika kita berkunjung ke Bengkalis jangan lupa berkunjung ke lokasi wisata tadi. Dengan banyaknya destinasi menarik di Bengkalis mampu menjadi dorongan yang kuat untuk segera membuat agenda.

Kontributor : Panji Ahmad Syuhada

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait