facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cara Cek Penerima Bansos Tunai Rp 300 Ribu, Ini Link-nya

Eko Faizin Jum'at, 25 Desember 2020 | 18:00 WIB

Cara Cek Penerima Bansos Tunai Rp 300 Ribu, Ini Link-nya
Ilustrasi uang. [suara.com/Kurniawan Mas'ud]

Pemerintah juga berharap bahwa bantuan tersebut bisa meringankan beban keluarga selama pandemi Covid-19.

SuaraRiau.id - Pemerintah memperpanjang bantuan sosial (bansos) tunai Rp 300 ribu hingga tahun 2021. Bagi yang ingin mengecek bisa melalui laman dtks.kemensos.go.id.

Perpanjangan pelaksanaan bansos tunai Rp 300 ribu diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi para keluarga yang belum menerima bantuan untuk ikut serta merasakannya.

Pemerintah juga berharap bahwa bantuan tersebut bisa meringankan beban keluarga selama pandemi Covid-19.

Ternyata, bantuan ini juga diberikan kepada keluarga anggota PKH atau Program Harapan Keluarga yang Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP telah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

  1. Klik dan login ke laman dtks.kemensos.go.id
  2. Pilih ID Kepesertaan DTKS yang Anda diinginkan.
  3. Ketik nomor kepesertaan ID yang dipilih di dalam DTKS.
  4. Masukkan nama yang sesuai dengan ID yang dipilih dalam DTKS.
  5. Ketik kode captcha dalam kotak yang tersedia, lalu klik Cari.

Sistem DTKS akan menyesuaikan ID dan nama yang telah diinput, serta membandingkannya dengan data dtks.kemensos.go.id. Jika nama tidak ada dalam database, maka situs DTKS akan memberikan informasi dan keterangan.

Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kemensos RI, Asep Sasa Purnama, mengatakan bahwa bansos sebesar Rp 300 ribu adalah sebuah upaya untuk mendukung pemulihan ekonomi.

"Bansos Rp 300 ribu diharapkan tepat sasaran, waktu, dan juga sesuai target dalam mendukung pemulihan ekonomi dan ketahanan ekonomi secara nasional," kata Asep yang dikutip dari situs Kemensos.

Masih ada kesempatan untuk cek dtks.kemensos.go.id untuk mendapatkan bansos tunai Rp 300 ribu. Jadi, tunggu apa lagi? Cek sekarang juga! Pemerintah menyiapkan hingga Rp 12 triliun untuk perpanjangan program bansos tunai Rp 300 ribu ini. Bantuan tersebut akan diterima sekitar 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 34 Provinsi.

Apakah Anda adalah salah satunya?

Komentar

Berita Terkait