alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Terapkan, 5 Cara Mudah Jaga Kesehatan Gigi selama Pandemi!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni Rabu, 02 Desember 2020 | 20:01 WIB

Terapkan, 5 Cara Mudah Jaga Kesehatan Gigi selama Pandemi!
Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk merawat kesehatan gigi selama pandemi virus corona.

SuaraRiau.id - Kesehatan gigi adalah salah satu yang harus diperhatikan karena bisa menjadi sumber dari penyakit serius lainnya. Namun pada masa pandemi virus corona Covid-19 sekarang ini, banyak orang mungkin harus menunda kunjungannya ke dokter gigi karena takut tertular virus.

Penelitian terbaru terhadap hampir 2.200 dokter gigi Amerika Serikat menemukan bahwa kurang dari 1 persen dinyatakan positif terinfeksi virus corona pada bulan Juni 2020.

Profesor Damien Walmsley, penasihat ilmiah BDA, mengatakan perhatian rutin dokter gigi terhadap pengendalian infeksi membuat mereka terlindungi dari virus corona Covid-19.

Sejauh ini, sebagian besar dokter gigi mencoba tetap melayani pasiennya secara virtual. Ada pula yang melayani secara tatap muka dalam waktu singkat dan jumlah pasien terbatas.

Baca Juga: Apakah Vaksin Covid-19 Akan Memberikan Kekebalan Instan? Ini Kata Pakar!

Menurut Profesor Walmsley, sebagian besar masalah gigi bisa dicegah. Tapi dilansir dari The Guardian, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk merawat kesehatan gigi selama pandemi virus corona.

Sikat gigi (unsplash)
Sikat gigi (unsplash)

1. Lamanya sikat gigi

Umumnya, menyikat gigi di pagi dan malam hari selama 2 menit sudah cukup untuk mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Tapi dilansir dari The Guardian, penelitian telah menunjukkan bahwa kebanyakan orang hanya menyikat gigi selama 43 detik.

2. Jenis pasta gigi

Baca Juga: Gejala Long Covid-19, Waspadai Jantung Berdebar dan Kelelahan!

Pasta gigi apapun dengan fluorida bisa digunakan untuk mencegah kerusakan gigi dan memperlambat perkembangan kerusakan gigi yang sudah terjadi.

3. Sikat gigi elektrik

Profesor Walmsley mengatakan sikat gigi manual sama efektifnya dengan sikat gigi elektrik bila Anda menyikat gigi selama 2 menit sebanyak 2 kali sehari.

Tapi, beberapa sikat gigi elektrik memiliki pengatur waktu untuk membantu Anda lebih menyadari durasi sikat gigi.

4. Ganti sikat gigi berkala

Dokter gigi merekomendasikan untuk mengganti sikat gigi atau kepala sikat setiap 3 bulan. Sayangnya, masih sedikit orang yang jarang mengganti sikat giginya.

5. Pakai benang gigi

Selain sikat gigi, Anda juga membutuhkan benang untuk membersihkan sela-sela gigi secara teratur. Pembersihan interdental ini sangat penting jika Anda memiliki riwayat penyakit gusi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait