Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Perbukitan Longsor, Jalan Lintas Sumbar-Bengkulu Tak Bisa Dilalui

Chandra Iswinarno Kamis, 01 Oktober 2020 | 21:54 WIB

Perbukitan Longsor, Jalan Lintas Sumbar-Bengkulu Tak Bisa Dilalui
Longsor di Kelok Jariang, Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Longsor menyebabkan akses jalan penghubung Padang-Painan putus total. [f/ist]

Bencana longsor tersebut dilaporkan terjadi sekira pukul 17.00 WIB.

SuaraRiau.id - Bencana tanah longsor kembali terjadi di Sumatera Barat (Sumbar). Kali ini timbunan longsor tersebut menimbun badan jalan lintas Sumbar-Bengkulu di antara Painan-Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan pada Kamis (1/10/2020).

Bencana longsor tersebut dilaporkan terjadi sekira pukul 17.00 WIB.

Materil longsor tersebut berasal dari perbukitan yang tergerus hujan deras sejak siang. Hingga akhirnya, menutup badan jalan lintas Sumbar-Bengkulu tersebut terjadi di jalan Bukit Pulai, Kecamatan Batang Kapas.

Dari informasi yang dikumpulkan Padangkita.com-jaringan Suara.com, tanah longsor bercampur batu menutupi badan jalan akibat reruntuhan tebing bukit di sisi jalan.

Hingga pukul 20.00 WIB, arus lalu lintas dari kedua arah belum bisa dilalui.

Seorang pengendara truk, Antoni (32) menyampaikan, hampir seluruh badan jalan tertutup longsor bermaterial tanah dan bebatuan.

“Longsor terjadi pukul 17.00. Kini mobil dan sepeda motor tertahan dan tidak bisa lewat dari kedua arah,” ujarnya kepada Padangkita.com.

Dia juga mengemukakan, saat ini petugas dari Pemkab Pessel telah berada di lokasi untuk membersihkan longsoran dari badan jalan menggunakan alat berat.

"Tanah longsor dan bebatuan itu saat ini tengah dikerjakan dan dibersihkan," ujarnya.

Sementara, Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pessel Hasnul Karim menyebutkan, longsor terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah setempat sejak siang.

"Sekarang personel kita sudah di lokasi untuk membersihkan material longsor," ujarnya

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait