Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tak Disangka! Manfaat Petai Ternyata Bisa Tingkatkan Kemampuan Otak

Eko Faizin Rabu, 23 September 2020 | 16:28 WIB

Tak Disangka! Manfaat Petai Ternyata Bisa Tingkatkan Kemampuan Otak
Manfaat kesehatan petai (Shutterstock)

Hal ini disebabkan petai memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi.

SuaraRiau.id - Petai terkenal dapat mengakibatkan bau mulut ketika dikonsumsi. Meskipun demikian banyak orang yang mengkonsumsi tanaman bernama latin Parkia speciosa.

Petai yang biasanya dijadikan lalapan dan berbagai olahan lauk pauk ternyata memiliki banyak manfaat yang dapat menjaga kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Sebagai antikanker
Petai merupakan makanan yang memiliki sebutan antikanker. Hal ini disebabkan karena, petai memiliki antioksidan yang cukup baik, sehingga disebut sebagai antikanker.

2. Meningkatkan kemampuan otak
Petai dapat membantu untuk meningkatkan kemampuan otak. Hal ini disebabkan petai memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi.

3. Menenangkan sistem saraf
Petai memiliki khasiat untuk menenangkan sistem saraf karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin B yang sangat bagus untuk menjaga saraf manusia. Selain itu petai juga dapat mengurangi stress karena kandungan kalium didalamnya membantu menstabilkan detak jantung, dan mengelola keseimbangan air tubuh.

4. Menyehatkan saluran pencernaan
Petai adalah tanaman yang kaya akan serat. Tumbuhan ini dapat dijadikan obat untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit.

5. Menjaga kesehatan jantung
Zat antioksidan, serat, dan kalium, dalam petai merupakan zat- zat yang dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil dan mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah jantung. Oleh karena itu petai dapat dikonsumsi secara rutin. Hal inilah yang nantinya akan berdampak untuk menjaga kesehatan jantung.

6. Mengontrol gula darah
Penyakit diabetes akan ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi. Apabila penyakit ini dibiarkan secara terus-menerus maka akan menimbulkan penyakit komplikasi pada tubuh.

Salah satu makanan yang dapat digunakan untuk mengontrol gula darah yaitu petai, karena didalamnya terdapat antioksidan serta zat kimia beta-sitosterol dan stigmasterol yang membantu menjaga kadar gula darah agar tidak tinggi.

7. Membantu memperbaiki mood
Triptofan pada petai merupakan jenis asam amino esensial yang dapat mendorong pertumbuhan mood yang baik. Sehingga seseorang yang mengkonsumsi petai akan merasa lebih rileks dan mengantuk serta memperbaiki mood-nya.

8. Mengatasi infeksi
Petai memiliki ekstrak yang berfungsi untuk membasmi jamur dan kuman penyebab infeksi. Oleh karena itu, petai dikatakan sebagai antijamur dan anti bakteri.

9. Mengatasi anemia
Kandungan zat besi pada petai berpotensi untuk mengatasi anemia. Karena zat besi akan membuat hemoglobin atau sel darah merah yang baru. Sehingga, mengkonsumsi petai sangat disarankan bagi seseorang yang ingin mengatasi anemia.

10. Mengatasi tekanan darah tinggi
Kalium yang ada pada tanaman petai berfungsi untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Selain petai yang dapat dijadikan untuk membantu menurunkan hipertensi, ternyata menjaga asupan natrium juga penting untuk mencegah tekanan darah yang tinggi.

Komentar

Berita Terkait