facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Presiden Jokowi Kurban di 34 Provinsi, Sapi Terbesar Berbobot 1,4 Ton di Bengkulu

Eko Faizin Selasa, 05 Juli 2022 | 19:25 WIB

Presiden Jokowi Kurban di 34 Provinsi, Sapi Terbesar Berbobot 1,4 Ton di Bengkulu
Ilustrasi sapi kurban Jokowi. [Suara.com/Achmad Ali]

Salah satu sapi kurban Jokowi dengan bobot paling besar terdapat di Bengkulu, yakni seberat 1,4 ton.

SuaraRiau.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melaksanakan kurban sapi di 34 provinsi pada Hari Raya Idul Adha tahun ini.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, sapi-sapi kurban Presiden Jokowi memiliki bobot antara 800 kilogram hingga di atas 1 ton.

"Adapun masjid yang akan menerima sapi kurban bantuan Bapak Presiden dimaksud, ditetapkan oleh gubernur masing-masing provinsi," kata Heru dikutip dari Antara, Selasa (5/7/2022).

Salah satu sapi kurban Jokowi dengan bobot paling besar terdapat di Bengkulu, yakni seberat 1,4 ton dan menurut pemerintah setempat akan disembelih di salah satu masjid di Kabupaten Kaur.

Sementara itu, Heru menegaskan bahwa Sekretariat Presiden terus menggandeng Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian demi memastikan bahwa semua sapi kurban bantuan Presiden Jokowi dalam keadaan sehat, khususnya tidak terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK) yang tengah merebak.

Kementerian Agama baru-baru ini menerbitkan Nomor 10/2022 tentang Penyelenggaraan Shalat Hari Raya Idul Adha dan Pelaksanaan Kurban 1443 Hijriah/2022 Masehi di tengah wabah PMK guna memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengimbau bahwa berkurban memiliki hukum sunnah muakkadah, tetapi umat Islam diimbau untuk tidak memaksakan diri berkurban pada masa wabah PMK.

Menag juga mengimbau umat Islam untuk membeli hewan kurban yang sehat dan tidak cacat sesuai dengan kriteria, serta menjaganya agar tetap dalam keadaan sehat hingga hari penyembelihan.

Bagi umat Islam yang berniat berkurban dan berada di daerah wabah atau terluar dan daerah terduga PMK, Menag mengimbau untuk melakukan penyembelihan di Rumah Potong Hewan (RPH). (Antara)

Komentar

Berita Terkait