facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ramai soal Ganja untuk Medis, MUI Segera Siapkan Fatwanya

Eko Faizin Selasa, 28 Juni 2022 | 18:20 WIB

Ramai soal Ganja untuk Medis, MUI Segera Siapkan Fatwanya
Ilustrasi tanaman ganja. [Dok. DW]

Fatwa tersebut, menurut Maruf, penting agar jangan sampai penggunaan ganja untuk alasan medis malah mendatangkan lebih banyak masalah.

SuaraRiau.id - Ganja untuk medis belakangan kembali menjadi sorotan aksi seorang ibu beserta anaknya yang mengidap "cerebral palsy" atau gangguan koordinasi tubuh viral di media sosial.

Ibu dan anaknya tersebut menyita perhatian lantaran melakukan aksi damai di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta pada Car Free Day (CFD), Minggu (26/6/2022) kemarin.

Merespons terkait ganja untuk alasan medis, Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan menyiapkan fatwa mengenai penggunaan tanaman yang dikategorikan narkoba itu.

"MUI ada putusan bahwa memang ganja dilarang dalam arti membuat masalah, dalam Alquran dilarang, masalah kesehatan itu sebagai pengecualian, MUI harus membuat fatwanya. Fatwa baru pembolehkannya," kata Wakil Presiden Maruf Amin dikutip dari Antara, Selasa (28/6/2022).

Wapres Maruf Amin yang juga Ketua Dewan Pertimbangan MUI menghadiri Rapat Dewan Pimpinan MUI pada Selasa pagi.

"Artinya ada kriteria, saya kira MUI akan segera mengeluarkan fatwanya untuk bisa dipedomani oleh DPR," tambah Maruf.

Fatwa tersebut, menurut Maruf, penting agar jangan sampai penggunaan tanaman ganja untuk alasan medis malah mendatangkan lebih banyak masalah.

"Jangan sampai nanti berlebihan dan menimbulkan kemudaratan, ada berbagai klasifikasi. Saya kira ganja itu ada varietas-nya. Nanti supaya MUI membuat fatwa berkaitan dengan varietas-varietas ganja itu," ungkap Maruf.

Sebelumnya ramai dibicarakan seorang ibu bernama Santi Warastuti asal Sleman, Yogyakarta, beserta anaknya Pika yang mengidap "cerebral palsy" atau gangguan yang memengaruhi kemampuan koordinasi tubuh seseorang, melakukan aksi damai di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta pada Car Free Day (CFD), Minggu (26/6/2022).

Santi berjalan dengan memegang papan putih dengan tulisan besar "Tolong Anakku Butuh Ganja Medis".

Komentar

Berita Terkait