facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Soal Sindiran ke Gubernur Riau di IG, Pengamat: Sebaiknya UAS Lebih Arif Menyikapi

Eko Faizin Kamis, 19 Mei 2022 | 10:12 WIB

Soal Sindiran ke Gubernur Riau di IG, Pengamat: Sebaiknya UAS Lebih Arif Menyikapi
Kolase foto Gubernur Riau Syamsuar dan Ustaz Abdul Somad. [Dok Mediacenter Riau/Youtube Hai Guys Official]

Menurutnya, dua gambar berisi berita yang disandingkan UAS dalam postingannya itu beda kasus.

SuaraRiau.id - Akun Instagram Ustaz Abdul Somad (UAS) @ustadzabdulsomad_official mengunggah kolase tangkapan layar pemberitaan terkait reaksi Gubernur Riau Syamsuar terhadap dirinya.

Diketahui, UAS baru saja ditolak masuk Singapura yang mengundang reaksi dari berbagai pihak termasuk Gubernur Syamsuar.

Namun, UAS diduga menyindir sang Gubernur dengan mengunggah tangkapan layar berita media online ber-caption 'Before After Pilkada' di Instagram.

Unggahan Instagram Ustaz Abdul Somad sentil Gubernur Riau. [Instagram/ustadzabdulsomad_official]
Unggahan Instagram Ustaz Abdul Somad sentil Gubernur Riau. [Instagram/ustadzabdulsomad_official]

Pengamat Komunikasi Politik dari UIN Suska Riau, Elfiandri, menanggapi unggahan tersebut. Menurutnya, dua gambar berisi berita yang disandingkan UAS dalam postingannya itu beda kasus.

Sebab, berita dengan judul "Tak Mau Ikut Campur Soal UAS, Gubernur Riau: Itu Masalah Pribadi, Sensitif" yang diterbitkan pada 2019 silam itu kasus dalam negeri.

"Jadi ada hukum negara kita yang memang harus menangani itu, apakah dihukum atau tidak. Nah berita yang sekarang (berjudul; Gubri Prihatin UAS Ditolak Masuk Singapura), urusannya sama luar negeri. Artinya kita berhak protes jika negara lain semena-mena terhadap warga negara kita," katanya dikutip dari Riauonline.co.id--jaringan Suara.com, Rabu (18/5/2022).

Ia mengimbau publik agar memandang kedua kasus itu secara berbeda. Sebab, hal itu bakal bisa dibandingkan jika berita terbitan 2019 itu berkaitan dengan luar negeri juga.

"Ya sebaiknya UAS lebih arif dalam menyikapi itu. Memang sebagai manusia bisa saja khilaf. Tapi bisa juga maksud UAS memposting beda dengan yang dimaknai publik," ujarnya.

Elfiandri meminta agar publik lebih berbaik sangka terhadap postingan mantan Dosen UIN Suska Riau berpengikut 6,5 juta di Instagram itu.

"Dengan adanya postingan UAS itu bisa memberi publik pelajaran kalau perlu hati-hati memandang sesuatu, apalagi dua hal yang berbeda," sambungnya.

Komentar

Berita Terkait