facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kapan Waktu Datangnya Malam Lailatul Qadar? Ini Penjelasan Buya Yahya

Eko Faizin Rabu, 27 April 2022 | 18:50 WIB

Kapan Waktu Datangnya Malam Lailatul Qadar? Ini Penjelasan Buya Yahya
Buya Yahya. [YouTube/Al Bahjah Tv]

Kedatangan malam Lailatul Qadar tidak ada yang bisa menebaknya, karena hanya Allah yang tahu kapan datangnya malam tersebut.

SuaraRiau.id - Malam Lailatul Qadar disebut terjadi di malam-malam terakhir bulan Ramadhan. Momen itu merupakan peristiwa yang sangat istimewa dan dinantikan umat Islam.

Malam Lailatul Qadar, umat Muslim bisa mendapat pahala yang lebih dibandingkan malam seribu bulan. Saat itu para malaikat turun ke bumi dan doa-doa yang dipanjatkan akan diaminkan.

Kedatangan malam Lailatul Qadar tidak ada yang bisa menebaknya, karena hanya Allah yang tahu kapan datangnya malam tersebut.

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar" demikian bunyi ayat surat Al-Qadr.

Lalu kapan kedatangan malam Lailatul Qadar itu? Tak ada yang tahu tepatnya tidak ada yang tahu kapan malam Lailatul Qadar itu datang.

Ulama pimpinan Pondok Pesantren Al-Bahjah, Buya Yahya dalam ceramahnya menjelaskan tentang malam Lailatul Qadar.

Namun dilansir dari kanal Youtube Al Bahjah TV yang ayatnya telah diterjemah ke dalam bahasa Indonesia, mengatakan,

"Kapan Lailatul Qadar itu tiba? kemudian dijawab Ibnu Umar, sayyidina Umar radhiyallahu anhuma, sesungguhnya banyak dari sahabat Nabi diperlihatkan dalam mimpi oleh Allah SWT tentang Lailatul Qadar, jadi beberapa sahabat Nabi itu bermimpi menemui malam Lailatul Qadar di tujuh hari yang terakhir bulan Ramadhan," ujar Buya Yahya dikutip Hops.id--jaringan Suara.com dari kanal Youtube Al Bahjah TV, Rabu (27/4/2022).

"Kemudian Nabi Muhammad bersabda para sahabat Nabi bermimpi rata-rata di 7 hari terakhir, maka kemudian setelah itu Nabi mengatakan barang siapa yang ingin mencari malam Lailatul Qadar maka hendaknya usaha di 7 hari terakhir bulan Ramadhan" sambungnya.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan, meskipun tidak diketahui kapan persisnya kedatangan malam Lailatul Qadar, tetapi bisa diperkirakan kedatangan malam tersebut yaitu pada tujuh malam terakhir bulan Ramadhan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar

Berita Terkait